Sukses

Permudah Pelaku UMKM Go Digital, Gojek Buka Fitur Daftar Mandiri di GoBiz

Liputan6.com, Jakarta - Gojek baru saja mengumumkan fitur baru untuk aplikasi GoBiz, yakni Daftar Mandiri. Fitur ini hadir untuk menjawab kebutuhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk beradaptasi dan mulai beralih ke platform digital.

"Di aplikasi GoBiz terbaru, mitra UMKM bisa memanfaatkan fitur Daftar Mandiri untuk melakukan pendaftaran, mengecek status verifikasi, dan aktivasi akun secara mandiri," tutur Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung, dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (16/9/2020).

Menurut Novi, inovasi baru ini sekaligus menjawab kebutuhan pelaku UMKM, terutama dengan pemberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Karenanya, kemudahan dan keamanan akses saat proses aktivitas diharapkan dapat mendukung pelaku UMKM beradaptasi dan melebarkan sayap bisnisnya.

"Dengan keandalan teknologi ini, proses digitalisasi UMKM jadi lebih mudah dan aman, terbukti di tengah pandemi, Gojek berhasil mempercepat digitalisasi UMKM, dengan bergabungnya 265 ribu UMKM kuliner sebagai mitra merchant GoFood di periode Maret-Agustus 2020," tuturnya melanjutkan.

Aplikasi GoBiz sendiri memang memberikan kemudahan bagi mitra untuk mengembangkan usaha sekaligus mengatur operasional bisnis.

Alasannya, aplikasi ini sudah mendukung beberapa fitur, seperti perluasan akses pasar lewat GoFood, pembayaran non tunai dengan GoPay, hingga manajemen resto yang didukung laporan cepat terintegrasi Point of Sale (POS).

Pelaku UMKM yang ingin bergabung dengan platform ini tinggal mengunduh aplikasi GoBiz di Play Store. Setelahnya, mereka dapat mengisi formulir registrasi online yang sudah disediakan.

Begitu proses pendaftaran selesai dan lolos verifikasi, pelaku usaha tinggal melakukan konfirmasi ulang. Begitu proses tersebut dijalani, pelaku bisa langsung menerima pesanan dengan platform GoBiz.

2 dari 3 halaman

Bagian dari Solusi Menyeluruh Gojek

Perlu diketahui, GoBiz merupakan bagian dari inisiatif Melaju Bersama Gojek. Inisiatif ini merupakan solusi inklusif dan komprehensif yang dibuat Gojek agar UMKM mulai beralih berbisnis ke dunia digital.

Melalui solusi ini, UMKM dapat lebih mudah menerapkan digitalisasi dengan memanfaatkan ekosistem Gojek. Para pelaku UMKM dapat memanfaatkannya dalam setiap operasional bisnis, mulai dari pemasaran, pemesanan, pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.

Ragam solusi ini dapat digunakan oleh semua tipe UMKM, mulai dari yang berskala mikro hingga besar. Selain menyediakan solusi komprehensif, Gojek juga bekerja sama dengan sejumlah rekanan pembayaran, seperti QRIS dan LinkAja, serta penyedia jasa logistik Pos Indonesia, Paxel, dan JNE.

"Di periode penuh tantangan ini kami terus berupaya mengembangkan solusi yang lengkap, inklusif, dan mudah diterapkan yang membantu UMKM mempertahankan bisnis sekaligus mengembangkan skala usahanya," tutur Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (10/8/2020).

Menurut Andre, dalam solusi ini, Gojek menerapkan prinsip gotong royong dalam membantu UMKM. Karenanya, Andre berharap solusi yang diharapkan dapat mempercepat transformasi UMKM dan bisnis tradisional menjadi usaha digital.

3 dari 3 halaman

Solusi yang Ditawarkan Lewat Ekosistem Gojek

Inisiatif ini ditandai dengan diluncurkannya situs web Melaju Bersama Gojek. Situs ini dapat diakses oleh seluruh pelaku UMKM di Indonesia untuk mendapatkan beragam solusi yang paling tepat dari ekosistem Gojek, yang terdiri dari beberapa layanan, seperti :

  • Selly: Aplikasi keyboard dan dashboard yang memudahkan UMKM melayani pelanggan.
  • MidTrans Payment Link : Solusi pembayaran paling lengkap untuk usaha online.
  • GoBiz : Aplikasi lengkap untuk manajemen usaha pelaku UMKM (pesan-antar, pengaturan promosi, dan pembayaran).
  • Moka : Aplikasi kasir online dan alat pembayara non-tunai.
  • GoSend dan GoBox : Layanan logistik dan pengiriman cepat, baik di dalam dan antar kota.
  • GoPay: Solusi e-wallet dan e-money.
  • GoFood : Aplikasi pesan antar makanan.
  • GoShop : Layanan belanja online dengan mudah.

Selain dukungan teknologi, Gojek juga melakukan sederet program pelatihan dan peningkatan kapasitas melalui Gojek Wirausaha, Go-Nusantara, Komunitas Laris Manis GoSend, dan Komunitas Partner GoFood.

(Dam/Ysl)