Sukses

Ada Masalah, Sony Pangkas Produksi PS5

Sony dilaporkan telah memangkas jumlah produksi PlayStation 5 akibat ada masalah ketersediaan komponen.

Liputan6.com, Jakarta - Sony dilaporkan bakal memangkas produksi PS5 (PlayStation 5) karena masalah ketersediaan komponen. Informasi ini diketahui dari laporan terbaru Bloomberg beberapa waktu lalu.

Dilansir dari The Verge, Selasa (15/9/2020), Sony berencana untuk memangkas jumlah produksi hingga empat juta unit dari rencana sebelumnya. Akibat pemangkasan ini, jumlah produksi PS5 hingga Maret 2021 diperkirakan hanya mencapai 11 juta ini.

Rencana ini jelas berubah dari laporan sebelumnya yang menyebut Sony bakal menggenjot produksi PS5 hingga 10 juta unit hingga akhir Desember 2020. Hal ini terjadi karena masalah komponen yang didesain oleh AMD.

Laporan menyebut masalah ini membuat produksi komponen tersebut tidak dapat langsung dikapalkan, setidaknya mencapai 50 persen dari rencana awal.

Meski masalah ini sudah mulai diatasi, produksinya dianggap belum memadai, sehingga diputuskan untuk melakukan pemangkasan produksi. 

Kendati ada pemangkasan, jumlah produksi ini sebenarnya masih jauh lebih tinggi dari rencana saat PS5 pertama kali diperkenalkan. Ketika itu, Sony berencana hanya memproduksi lima hingga enam juta unit hingga akhir Maret tahun depan.

Namun di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, perusahaan asal Jepang itu lantas berencana menambah produksinya, mengingat popularitas industri gim tengah meningkat pesat saat ini.

Terlepas dari laporan ini, Sony sendiri berencana untuk menggelar event PS5 yang akan diadakan sebentar lagi. Acara besar bertajuk PlayStation 5 Showaces ini akan disiarkan pada 17 September 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ungkap Informasi PlayStation 5

Pada acara tersebut, perusahaan akan membeberkan informasi terkini terkini dari studio gim utama Sony dan sejumlah pengembang pihak ketiga.

Sony menjelaskan, acara ini akan memperlihatkan deretan judul gim yang akan hadir ke PS5 saat diluncurkan dan seterusnya.

Kemungkinan besar, perusahaan asal Jepang itu juga akan mengungkap berapa harga PS5 dan kapan konsol tersebut meluncur resmi di pasaran.

3 dari 3 halaman

Sony Buka Registrasi untuk Pre-Order PS5

Setelah ditunggu lama, Sony akhirnya membuka laman registrasi online bagi gamer yang ingin pre-order konsol PlayStation 5 (PS5).

Nantinya, setiap gamer yang mengisi form registrasi akan terima undangan untuk menjadi salah satu yang pertama berkesempatan pre-order konsol itu

Perusahaan asal Jepang itu mengungkap, konsol PS5 yang tersedia di program pre-order ini jumlahnya sangat terbatas.

Sony menambahkan, undangan pre-order itu akan dikirim ke pembeli berdasarkan minat dan aktivitas mereka di PlayStation.

Walaupun mendapatkan undangan, gamer masih belum dijamin akan bisa pre-order. Karena, setiap undangan tersebut memiliki batas waktu dan hanya satu konsol per PSN ID.

Selain itu, kamu harus memiliki alamat domisili di Amerika Serikat. Untuk lengkapnya, kamu bisa cek persyaratan pre-order PS5 ini di laman FAQ Sony di sini.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.