Sukses

5 Langkah Mudah Atasi Notifikasi Tak Muncul di Smartphone Android

Liputan6.com, Jakarta - Masalah notifikasi yang tidak muncul di smartphone Android memang jarang ditemui. Namun apabila hal ini terjadi, harus diakui akan membuat kesal pengguna, sebab ada kemungkinan mungkin notifikasi yang tidak muncul ternyata berisi pesan penting.

Untungnya, cara untuk mengecek notifikasi yang tidak muncul atau bermasalah di perangkat Android tidak rumit. Kamu cukup melakukan langkah-langkah berikut ini, seperti dikutip dari Make Use Of, Rabu (16/9/2020).

1. Cek Pengaturan Notifikasi Aplikasi

Cara pertama yang dapat kamu lakukan apabila notifikasi tidak muncul, kamu bisa mengecek terlebih dulu pengaturan di smartphone Android-mu. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah memang tombol notifikasi yang diterima sudah aktif.

Kamu dapat melakukannya dengan membuka menu Settings, lalu pilih Notifikasi. Dari situ, kamu dapat mengetahui apakah memang ada aplikasi yang tidak mati tombol notifikasinya.

Apabila memang ada aplikasi di smartphone Android-mu memiliki tombol notifikasi tidak aktif,  kamu tinggal mengaturnya menjadi Enabled, agar notifikasinya dapat kamu terima.

2 dari 3 halaman

2. Matikan Fungsi Optimalisasi Baterai

Hal lain yang perlu kamu perhatikan apabila notifikasi tidak muncul adalah mengecek pengaturan baterai di perangkat. Ada baiknya, kamu menonaktifkan kemampuan optimalisasi daya baterai atau kemampuan adaptifnya.

Alasannya, saat fitur ini aktif, smartphone akan otomatis mengurangi kinerja sejumlah aplikasi, sehingga tidak jarang aplikasi yang dianggap jarang dipakai akan diistirahatkan, yang berimbas pada masuknya notifikasi.

Untuk itu, kamu dapat mematikan fitur ini agar notifikasi tidak telat masuk. Meski tampilannya sedikit berbeda tergantung tipe smartphone, untuk melakukannya kamu tinggal membuka menu Settings, pilih Battery dan nonaktifkan Battery Optimazation.

3. Aktifkan Background Data

Langkah lain yang dapat dilakukan untuk membuat notifikasi muncul adalah mengecek fungsi Background Data di masing-masing aplikasi. Hal ini perlu untuk memastikan tiap aplikasi diizinkan untuk tetap mengakses data, meski tidak sedang dibuka.

Kamu dapat mengaksesnya melalui menu Settings dan buka Apps. Setelahnya, pilih aplikasi yang ingin dicek, buka Data Usage, lalu aktifkan tombol Background Data.

3 dari 3 halaman

4. Lihat Fitur Hemat Data

Hal lain yang juga perlu diperhatikan saat notifikasi di smartphone Android tidak kunjung muncul adalah fitur Data Saver atau penghemat data. Apabila fitur ini aktif, tidak jarang fungsi data yang berjalan di background akan turut disetop, sehingga notifikasi tidak muncul.

Sama seperti cara sebelumnya, langkah yang perlu dilakukan mungkin akan berbeda di masing-masing merek smartphone, tapi garis besarnya tetap sama. Jadi, kamu tinggal membuka menu Settings, pilih Network, lalu buka Data Usage. Terakhir, kamu tinggal mematikan tombol Data Saver.

5. Coba Atur Ulang Aplikasi

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah mengatur ulang aplikasi yang kesulitan menerima notifikasi. Kamu dapat melakukannya dengan membuka menu Settings, pilih Apps dan buka aplikasi tersebut. Setelahnya, kamu pilih Clear Cache.

Selain itu, kamu juga dapat menghapus aplikasi tersebut dan memasangnya kembali untuk memastikan. Apabila memang belum bisa dilakukan, ada kemungkinan masalah berasal dari aplikasi itu, sehingga kamu perlu menunggu pengembang menggulirkan update.

(Dam/Ysl)