Sukses

WhatsApp akan Segera Dukung Sinkronisasi Chat di iOS dan Android

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun aplikasinya tersedia di platform Android dan iOS, WhatsApp belum menghadirkan dukungan cross platform alias antarplatform.

Namun hal ini kemungkinan segera berubah. Induk perusahaan WhatsApp, Facebook, mungkin akan menawarkan kemampuan untuk sinkronisasi pesan pengguna di kedua sistem operasi.

Sebelumnya produk Facebook lainnya, Facebook Messenger dan WhatsApp telah menerima fitur cross chat. Nah, dukungan antarplatform ini akan memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengakses layanan WhatsApp di empat perangkat berbeda.

Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh WABetaInfo, yang mengungkap bahwa fitur sinkronisasi pada antarperangkat ini tengah dikembangkan.

Mengutip Gizmochina, Kamis (13/8/2020), fitur ini membutuhkan koneksi WiFi untuk mendekrip pesan secara aman dan meng-copy (menggandakan) seluruh pesan dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya.

2 dari 3 halaman

Sinkronisasi Mudahkan Pengguna

Dengan kata lain, tiap pengguna Android akan bisa memindahkan chat mereka di satu smartphone ke perangkat iOS. Begitu pula sebaliknya.

Sinkronisasi pesan WhatsApp antarplatform saat ini belum tersedia. Pasalnya ketika login ke perangkat lain, biasanya pengguna justru akan kehilangan data chat mereka, jika tak di-backup.

Oleh karenanya, kehadiran fitur sinkronisasi ini akan menjadi hal yang baik untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan para pengguna WhatsApp.

3 dari 3 halaman

Kembangkan Aplikasi untuk iPad

Tak hanya mengembangkan fitur sinkronisasi antarplatform, WhatsApp juga tengah mengembangkan aplikasi untuk iPad. Kemungkinan aplikasi di iPad juga hadir bersamaan dengan kehadiran fitur cross platform.

Artinya, dalam waktu dekat, pengguna akan bisa mengakses chat WhatsApp mereka baik via iPad, iPhone, dan perangkat Android sekaligus.

(Tin/Ysl)