Sukses

Usai Kebakaran STO Telkom, Layanan Telkomsel di Wilayah Sumatera Kembali Normal

Telkomsel menyebut, layanan telekomunikasi, baik SMS, telepon, dan internet di wilayah Sumatera sudah berangsur normal.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan telekomunikasi Telkomsel baik SMS, telepon, hingga internet sempat lumpuh di wilayah Sumatera sebagai imbas dari kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru.

Namun per hari ini, Telkomsel menyebut, layanan telekomunikasi mereka sudah berangsur normal.

"Layanan di seluruh wilayah Sumatera yang semula terdampak sudah berangsur pulih dan mulai bisa diakses kembali dengan normal oleh pelanggan," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangannya, Rabu (12/8/2020).

Lebih lanjut, Denny mengucapkan terima kasih atas dukungan Telkom Group dan masukan dari pelanggan dalam percepatan proses pemulihan layanan terdampak. Telkomsel juga meminta maaf atas gangguan yang terjadi.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Telkomsel." kata Denny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Sempat Lumpuh

Sehari lalu, telah terjadi kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di kota Pekanbaru, Riau.

Melalui VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, Telkomsel menyampaikan, kebakaran itu berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS untuk sementara ini belum dapat digunakan.

"Dan ada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera," kata Denny, dalam keterangan perusahaan yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (11/8/2020).

Denny mengatakan, saat ini tim teknis Telkomsel masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali.

Telkomsel menyebut, akan menyampaikan informasi lebih secara berkala terkait perkembangan proses pemulihan layanan tersebut.

Tak lupa, mewakili Telkomsel, Denny juga memohon maaf kepada pelanggan yang terdampak.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi. Terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel," kata Denny.

3 dari 3 halaman

Layanan Tak Bisa Diakses Sejak Siang

Jaringan Telkomsel di Pekanbaru dan beberapa daerah lainnya di Riau tidak bisa diakses sejak Selasa siang, 11 Agustus 2020. Dugaan sementara, hal ini disebabkan Gedung Telkom dan Grapari Telkomsel di Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, terbakar.

Di gedung beberapa lantai itu, tampak asap pekat membumbung ke udara. Jilatan api masih terlihat di beberapa lantai tempat operator Telkom, Telkomsel, serta provider internet lainnya beroperasi itu.

Untuk memadamkan api, Dinas Pemadam dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pekanbaru menurunkan delapan mobil pemadam. Hingga Selasa sore, pemadaman masih berlangsung.

Peristiwa ini tak hanya melumpuhkan jaringan seluler telepon. Internet perkantoran ataupun rumah yang berasal dari perusahaan milik negara itu tidak bisa diakses sama sekali.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini