Sukses

Daftar Smartphone dengan Chipset Terkencang Snapdragon 865 Plus

Liputan6.com, Jakarta - Snapdragon 865 Plus dari Qualcomm merupakan chipset terkencang untuk perangkat mobile saat ini.

"Kami terus berinvestasi pada platform mobile seri 8 tingkat premium kami, untuk mendorong kinerja dan efisiensi daya serta menghadirkan pengalaman kamera, AI, dan gim generasi berikutnya," kata Alex Katouzian, SVP dan GM, Mobile, di Qualcomm Technologies, Inc dalam pernyataan resminya.

Snapdragon 865 Plus, menurut Alex, akan menawarkan peningkatan kinerja untuk gelombang smartphone unggulan berikutnya.

Hingga pekan kedua Agustus ini, sudah ada beberapa smartphone dengan Snapdragon 865 Plus yang telah resmi diumumkan di pasaran. Simak rangkumannya berikut ini.

1. ASUS ROG Phone 3

Tampak ROG Phone 3. (Doc: Asus)

Tampil sebagai seri anyar penerus ROG Phone 2, Asus sudah menyematkan ponsel barunya ini dengan prosesor Snapdragon 865 Plus berkecepatan 3,09Ghz.

Untuk mendukung performa, Asus sudah menyertakan GPU Adreno 650 dan baterai berkapasitas 6000mAh--fast charging 30W--yang bisa buat main gim berjam-jam lamanya.

Berbicara tentang main gim berlama-lama, Asus pun menyertakan ROG Phone 3 dengan panel layar AMOLED berukuran 6,6 inch dengan refresh rate 144 Hz dan 10-bit HDR. Layar ROG Phone 3 juga memiliki kemampuan touch-sampling rate 270Hz, touch latency 25ms dan slide 18ms membuat layar ponsel lebih responsif dan sensitif saat ditekan.

Seperti seri ponsel gaming Asus sebelumnya, perusahaan asal Taiwan itu juga sudah membenamkan fitur X Mode di ROG Phone 3. Bila X Mode ini diaktifkan, maka refresh rate dan sensitivitas layar pun akan meningkat, koneksi jaringan lebih stabil, dan kinerja CPU dan GPU pun optimal.

Lebih lanjut, Asus juga mengklaim telah melakukan peningkatan pada sensor sentuh ultrasonik yang terletak di sekitar sisi ponsel atau AirTrigger 3. Kini, pengguna akan mendapatkan pengalaman lebih baik dan serupa layaknya sedang memakai kontroler gim.

2 dari 5 halaman

Kamera dan Fitur Lainnya

Dalam hal kamera, ROG Phone 3 sudah hadir dengan sensor Sony IMX686 berkemampuan 64MP (megapiksel), 13MP (ultrawide), dan 5MP (makro). Sementara untuk urusan selfie, Asus sudah menyematkan kamera berkemampuan 24MP di depan layar.

Soal harga, ROG Phone 3 dengan RAM 16GB dan memori 512 GB akan dijual seharga Rp 18,6 juta. Sedangkan varian standarnya dengan RAM 12GB/512GB Rp 16,9 jutaan.

Selain kedua seri, perusahaan juga memperkenalkan ROG Phone 3 Strix Edition dengan Snapdragon 865, RAM 8GB, dan 256GB dibanderol Rp 13,5 jutaan.

Sayang, Asus tidak menyebutkan secara pasti kapan ROG Phone 3 meluncur resmi di Indonesia. Berhubung ponsel milik Asus ini sudah lolos TKDN oleh Kemenperin, bukan hal yang tak mungkin ROG Phone 3 akan hadir dalam waktu dekat ini.

3 dari 5 halaman

2. Lenovo Legion

Lenovo akhirnya secara resmi mengungkap smartphone gaming pertama mereka, yakni Legion Duel (Legion Pro di Tiongkok). Menariknya, Lenovo mengumumkan ponsel Legion Duel ini bertepatan dengan peluncuran smartphone gaming lainnya, yaitu Asus ROG Phone 3.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (23/7/2020), Lenovo Legion Duel mengusung prosesor Snapdragon 865 Plus dan layar berpanel AMOLED 6,65 inci dengan refresh rate 144Hz. Untuk mendongkrak performa, perusahaan juga sudah mendampingi prosesor Legion Duel dengan RAM LPDDR5 16GB, dan memori UFS 3.1 berkapasitas 512GB.

Lenovo Legion Duel juga hadir dengan layar minim bezel, dua speaker, sensor sidik jari di bawah layar, dan touch-sampling 240Hz.

Sesuai dengan bocoran sebelumnya, Lenovo Legion Duel ini hadir dengan kamera selfie pop-up di samping bodi yang berkemampuan 20MP (megapiksel). Dengan pengaturan kamera selfie seperti ini, gamer dapat dengan mudah bilamana gamer ingin live streaming sembari bermain gim di smartphone.

Untuk menambah pengalaman bermain gim secara optimal, Lenovo juga menyertakan trigger sensitif di kedua sisi ponsel dan 4 mic untuk merekam suara.

4 dari 5 halaman

Kamera dan Fitur Lainnya

Untuk urusan kamera belakang, Lenovo Legion Duel dengan lensa utama 64MP didampingi dengan lensa ultrawide berkemampuan 16MP.

Lenovo menyertakan baterai berkapasitas 5000mAh fast charging 90 watt yang mampu mengisi baterai hingga penuh hanya dalam waktu 30 menit.

Legion Duel hadir dengan dua pilihan warna, yaitu biru dan merah. Ponsel ini mulai dijual di Tiongkok mulai 5 Agustus. Varian 8GB/128GB dibanderol dengan harga Rp 7,3 jutaan. Sementara itu, varian 12GB/128GB dan 12GB/256GB akan dijual seharga Rp 8,1 juta dan Rp 8,7 jutaan.

Varian paling tinggi 16GB/512GB akan dibanderol harga Rp 12,5 juta. Smartphone ini diperkirakan akan meluncur segera untuk pasar Eropa, Timur Tengah, Asia Pasifik, dan Amerika Latin.

5 dari 5 halaman

Smartphone Lain

Selain Asus ROG Phone 3 dan Lenovo Legion, sebetulnya ada beberapa smarpthone yang telah diumumkan di pasaran dan mengusung chipset Snapdragon 865 Plus, yakni Samsung Galaxy Note 20, Samsung Galaxy Z Fold 2, dan Samsung Galaxy Z Flip 5G.

Namun, tidak semua seri ketiga smartphone itu hadir di pasaran dengan chipset buatan Snapdragon tersebut. Misalnya di Indonesia, seri Galaxy Note 20 hadir dengan chipset Exynos 990. Strategi perusahaan menyiapkan dua macam chipset untuk seri smartphone yang sama di beberapa pasar berbeda ini telah berjalan beberapa tahun. 

Di luar ketiga seri smartphone terbaru Samsung itu, ada beberapa smartphone lain yang juga telah dikabarkan akan ditopang oleh Snapdragon 865 Plus seperti seri flagship terbaru Xiaomi dan Realme. Namun, kita harus menunggu hingga perusahaan resmi mengumumkan.