Sukses

Cara Ubah Smartphone Jadi Mouse Nirkabel untuk Komputer

Cek cara singkat manfaatkan smartphone-mu menjadi mouse pengganti saat WFH.

Liputan6.com, Jakarta - Mouse yang tiba-tiba tidak berfungsi saat sedang Work from Home (WFH) tentu akan menjadi pengalamanan yang sangat tidak menyenangkan.

Terlebih, jika mouse menjadi salah satu komponen penting dalam menunjang aktivitas pekerjaanmu.

Beruntung dalam situasi darurat semacam ini, kamu tidak perlu terburu-buru untuk membeli mouse baru. Sebab, kamu sebenarnya dapat memanfaatkan smartphone untuk menjadi pengganti sementara.

Mengutip laman Gadgethacks, Senin (10/8/2020), berbekal apliaksi Remote Mouse, kamu dapat mengubah perangkat Android atau iOS menjadi mouse nirkabel untuk perangkat Windows maupun macOS.

Untuk melakukannya, kamu tinggal memasang aplikasi Remote Mouse di perangkat yang akan digunakan. Setelah itu, pastikan aplikasi tersebut sudah diaktifkan di smartphone maupun komputer yang akan dipakai.

Butuh waktu beberapa detik untuk menyambung dua perangkat tersebut. Apabila sudah sepenuhnya tersambung, kamu dapat langsung memanfaatkan smartphone-mu sebagai mouse pengganti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Mirip Mouse Sebenarnya

Navigasi menggunakan smartphone sebagai mouse terbilang mudah. Kami tinggal mengetuk satu jari untuk klik kiri, ketuk dua jari untuk klik kanan. Untuk memperbesar layar, kamu cukup mencubit layar smartphone.

Namun perlu diingat, sebelum memanfaatkan Remote Mouse, pastikan tidak ada orang sekitarmu yang juga memakai aplikasi serupa. Sebab, apabila kalian terhubung di jaringan yang sama, dia dapat ikut mengakses komputermu.

3 dari 3 halaman

Memutar File Multimedia

Selain fungsi kursor, aplikasi ini dapat digunakan untuk kebutuhan memutar file multimedia. Jadi, kamu dapat mematikan, memutar ulang, serta mengontrol musik di komputer.

Hanya perlu diingat, untuk dapat memanfaatkan fitur ini kamu harus merogoh kocek USD 1.99 atau Rp 28 ribu terlebih dulu. Selain itu, ada pula sejumlah fitur lain yang perlu dibeli terlebih dulu sebelum digunakan. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini