Sukses

Huawei Rebut Posisi Samsung Jadi Vendor Smartphone Terlaris di Dunia versi Canalys

Liputan6.com, Jakarta - Vendor teknologi Tiongkok Huawei mengambil alih posisi Samsung menjadi pembesut smartphone terlaris di dunia pada kuartal kedua 2020.

Dikutip dari Reuters, Kamis (30/7/2020), berdasarkan data dari firma riset pasar Canalys, Huawei berhasil mengapalkan 55,8 juta unit smartphone.

Sementara pada periode yang sama, Samsung mengapalkan 53,7 juta unit smartphone secara global.

Meski begitu, penjualan smartphone Huawei turun 5 persen ketimbang kuartal yang sama tahun lalu.

Pada sisi lain, penjualan Samsung turun drastis 30 persen gara-gara pandemi Covid-19 di sejumlah pasar utamanya, misalnya di Brasil, Amerika Serikat, dan Eropa.

Lebih lanjut menurut data Canalys, pengapalan global smartphone Huawei turun 27 persen pada kuartal 2, ketimbang di awal tahun. Kendati demikian, Huawei meningkatkan doninasinya di pasar Tiongkok, segera setelah pandemi Covid-19 mereda di sana.

2 dari 3 halaman

Dominan di Pasar Tiongkok

Bagi Huawei, Tiongkok kini menjadi pasar terbesarnya dengan perbandingan 70 persen untuk pasar dalam negeri dan sisanya penjualan global.

"Bisnis kami telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa di masa sulit ini," kata seorang juru bicara Huawei.

Lebih lanjut, juru bicara ini menyebut, di tengah pelambatan dan tantangan ekonomi global yang belum pernah terjadi sebelumnya, Huawei terus tumbuh dan menunjukkan kepemimpinan.

3 dari 3 halaman

Diprediksi Sementara?

Sementara itu, seorang karyawan senior Huawei yang mengaku paham dengan masalah ini mengatakanm posisi Huawei sebagai vendor terlaris mungkin akan berumur pendek begitu pasar lain pulih dari gangguan ekonomi.

Sejauh ini, Apple belum merilis data pengapalan iPhone per kuartal 2 2020 ini. Artinya, masih ada kemungkinan posisi Huawei ini digoyang oleh iPhone.

(Tin/Ysl)