Sukses

Baparekraf Game Prime 2020 Kembali Digelar, Kini Hadir Secara Online

Liputan6.com, Jakarta - Acara Baparekraf Game Prime (BGP) 2020 dipastikan akan kembali digelar tahun ini. Namun yang berbeda, di tengah kondisi pandemi saat ini, event ini akan diadakan secara online.

Menurut Plt Deputi Bidang Ekonomi dan Produk Kreatif Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Josua Puji Mulia Simanjuntak, gelaran ini menunjukkan komitmen Barekraf untuk memfasilitasi para developer gim Indonesia.

"BGP 2020 ini merupakan tahun kelima. Artinya, setiap tahun kami berkomitmen memfasilitasi developer gim berjejaring, memperkenalkan gim mereka, termasuk mengakselerasi industri gim Tanah Air," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (29/7/2020).

Rencananya, ajang ini akan digelar selama lima hari, mulai dari 1 hingga 5 Agustus. Sama seperti sebelumnya, event ini diadakan bersama dengan GGWP.ID dan Asosiasi Game Indonesia (AGI).

 

 

 

2 dari 3 halaman

Baparekraf Game Prime Tahun Ini Menantang

Menurut CEO GGWP.ID, Ricky Setiawan, gelaran tahun ini memang menantang karena diadakan secara online. Kendati demikian, Ricky mengatakan pengalaman yang ditawarkan tidak berbeda jauh dari gelaran yang diadakan secara offline.

"Untuk mendukung gelaran ini, kami mengadakan program yang memang sudah disesuaikan dan tanpa mengurangi pengalaman yang diberikan. Sebab, ajang BGP tidak ubahnya sebuah taman hiburan," tuturnya menjelaskan.

Lebih lanjut Ricky mengatakan beberapa program yang akan diadakan mencakup eksbisi game indie, lalu ada sorotan untuk sejumlah pengembang di daerah. Untuk game developer, pada gelaran tahun ini juga diadakan webinar dan masterclass.

"Sementara bagi pengunjung, mereka dapat menyaksikan pertandingan esports secara langsung. Mereka juga dapat mencoba gim terbaik yang sudah dikurasi dari pengembang lokal melalui situs Game Prime," ujarnya melanjutkan.

3 dari 3 halaman

Perkenalkan Developer Gim Lokal

Ketua Umum AGI Cipto Adiguno mengatakan ajang Game Prime ini memang diadakan untuk memperkenalkan para pengembang gim lokal di Indonesia. Terlebih, banyak di antara mereka yang sebenarnya sudah mampu menghasilkan gim berkualitas.

"Sekarang kita main gim itu yang berasal dari luar negeri. (Dengan Game Prime) kami ingin menujukkan developer lokal juga banyak yang bagus kok," tutur Cipto menceritakan kisah mengenai awal event Game Prime.

Di samping itu, Cipto menuturkan awal diadakannya Game Prime ini juga adalah untuk menepis anggapan gim yang kerap dianggap hanya dimainkan oleh anak-anak dan memiliki efek negatif.

Nantinya, event ini dapat disaksikan melalui kanal resmi YouTube GGWP.ID. Selain ada eksibisi maupun webinar soal industri gim, pada acara tahun ini akan diselenggarakan pula penggalangan dana untuk korban Covid-19.

(Dam/Ysl)