Sukses

5 Aplikasi Edit Foto Smartphone yang Patut Dijajal

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan teknologi, kamera smartphone buatan vendor pun semakin hebat kemampuannya.

Entah itu mengambil gambar objek semakin tajam, memotret dalam kondisi minim cahaya, hingga mampu zoom hingga 100x pun disematkan ke dalam smartphone.

Namun untuk memberikan pengalaman dan hasil terbaik foto-foto yang diambil, tidak ada salahnya untuk mengandalkan aplikasi editing yang mumpuni.

Akan tetapi, aplikasi editing foto pun jumlahnya tak sedikit dan sangat mudah ditemukan di Google Play Store atau Apple App Store. Baik yang gratis atau berbayar.

Kira-kira aplikasi edit foto apa yang patut kamu jajal agar hasil potret terlihat apik?

Biar tidak bingung, berikut ini 5 aplikasi edit foto di perangkat Android dan iOS, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (28/7/2020).

 

2 dari 3 halaman

1. Snapseed

Ilustrasi Snapseed (Sumber: googleplay.com)

Bagi pengguna smartphone aplikasi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Dibuat oleh Google, Snapseed menghadirkan berbagai fitur yang tak jauh berbeda dengan Photoshop.

Menariknya, aplikasi ini bisa di download secara gratis di Play Store. Snapseed juga cocok bagi kamu yang suka upload gambar setiap saat, cukup edit sedikit dengan Snapseed dan foto pun terlihat sempurna.

2. Lightroom

Lightroom adalah salah satu layanan edit foto terbaik dari Adobe. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengedit, mengatur, serta berbagi gambar langsung dari smartphone mereka dengan cara lebih mudah dan cepat.

 

3 dari 3 halaman

3. Photoshop Express

Aplikasi ini memang tidak sehebat versi desktop, tapi masih bisa diandalkan dengan berbagai fiturnya termasuk crop atau memotong foto, menyesuaikan exposure, dan melakukan berbagai tugas lain.

Pengguna juga bisa membuat preset-nya sendiri, sehingga bisa menghemat waktu saat mengedit foto di ponsel atau tablet. Photoshop Express juga memiliki fitur healing seperti Lightroom, blur, dan template kolase.

4. VSCO

Fitur GIF di VSCO. (Foto: Istimewa)

VSCO memulai debutnya sebagai aplikasi berbayar, kemudian menjadi gratis sejak akhir 2013. VSCO adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik di iOS dan Android.

Di luar filter gratis, kamu harus mengeluarkan uang jika ingin mendapatkan lebih banyak filter. Namun karena filternya memiliki penamaan seperti B1 dan X1, kemungkinan akan sulit diingat pada tahap awal.

5. Pics Art

Pics Art adalah aplikasi edit foto yang mengusung fitur pengeditan yang sudah hadir di PC. Tampilan antarmukanya sederhana dan ringan, pengguna bisa mengedit foto secara dengan sejumlah fitur seperti Picture Editor, Magic Effects, Draw, Camera, dan Sharing.

(Ysl/Isk)