Sukses

Trik Batalkan Email Terkirim di Gmail

Liputan6.com, Jakarta - Email menjadi salah satu media komunikasi yang banyak digunakan di era sekarang ini. Ngomong-ngomong soal email, pernahkah kamu enggak sengaja salah kirim email?

Atau mungkin kamu telanjur mengirim email dan ternyata kamu menyadari, di email itu ada kesalahan pemilihan kata sapaan, tata bahasa atau kesalahan lainnya?

Kalau kamu pernah mengalami hal itu, kamu tak perlu khawatir itu akan terjadi lagi di masa depan. Sebetulnya, ada fitur yang memungkinkan kamu untuk mengurungkan atau membatalkan email yang kadung terkirim.

Di Gmail, misalnya, ada jeda buat kamu mengklik opsi cancel atau unsend ketika proses pengiriman email berlangsung. Email belum benar-benar terkirim hingga muncul pemberitahuan sent atau terkirim dan view

Nah, kamu bisa buru-buru mengklik cancel atau unsend jika ternyata kamu secara spontan menyadari ada kesalahan di email. Namun di luar itu, sebetulnya kamu juga bisa menentukan durasi berapa lama kamu opsi unsend akan muncul.

2 dari 3 halaman

Setel durasi

Menentukan durasi waktu untuk membatalkan pengiriman email dapat kamu temukan di menu Settings atau Setelan

Lalu cari Lihat semua setelan. Di samping opsi Urungkan Pengiriman, pilih waktu Pembatalan pengiriman.

Kamu akan mendapati empat opsi durasi, yakni 5, 10, 20, atau 30 detik. Jika 5 detik dirasa terlalu sebentar atau 30 detik terlalu lama, mungkin kamu bisa pertimbangkan durasi 10 atau 20 detik. 

3 dari 3 halaman

Catatan

Perlu kamu catat bahwa setelan ini akan berlaku untuk setiap email yang hendak kamu kirim. Artinya, ketika kamu telah menetapkan durasi 10 detik, maka setiap email yang hendak kamu kirim akan benar-benar terkirim selepas 10 detik.