Sukses

Aplikasi-Aplikasi di iOS Sempat Tumbang karena Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah aplikasi dan layanan populer seperti Spotify, Pinterest, hingga Tinder yang dipasang di iOS sempat tidak bisa diakses, tadi malam. Rupanya, masalah ini terkait dengan login Facebook.

Semalam, laman pendeteksi situs tumbang DownDetector.com banyak menerima laporan terkait tumbangnya aplikasi media sosial saat baru dibuka. Kejadian ini terjadi di perangkat iPhone atau iPad.

Mengutip laman The Verge, Sabtu (11/7/2020), penyebab gangguan ini tampaknya adalah kit software pengembangan Facebook alias (SDK). SDK banyak dipakai aplikasi untuk mengelola login pengguna memakai akun Facebook.

Gangguan ini hanya terjadi pada perangkat dengan iOS, sementara tidak ada laporan tentang aplikasi serupa yang tumbang di Android.

Pihak Facebook  belakangan memberikan pernyataan, mengakui bahwa software-nya telah menyebabkan masalah.

"Kami menyadari dan menyelidiki peningkatan kesalahan pada SDK iOS yang menyebabkan beberapa aplikasi mogok," kata Facebook.

2 dari 3 halaman

Keluhan Developer

Dalam utas GitHub yang diunggah pagi hari waktu Amerika Serikat, banyak pengembang melaporkan ada masalah dengan aplikasi mereka. Mereka menyebut, kesalahan ada pada software Facebook.

Beberapa jam setelahnya, para pengguna melaporkan kembali bahwa aplikasi di perangkatnya sudah mulai berfungsi kembali. Kemudian, Facebook pun menandai masalah ini telah selesai.

"Pagi hari ini, sebuah kode telah memicu crash di beberapa aplikasi iOS yang menggunakan SDK Facebook," kata juru bicara perusahaan kepada The Verge.

3 dari 3 halaman

Pernah Terjadi

Juru bicara menambahkan, Facebook mengidentifikasi masalah dengan cepat dan menyelesaikannya. "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," katanya.

Ini bukan pertama kalinya terjadi gangguan pada SDK Facebook yang membuat sejumlah aplikasi tumbang. Pada 6 Mei lalu masalah serupa terjadi dan puluhan layanan kabarnya bermasalah hari itu.

(Tin/Isk)