Sukses

Oppo Hadirkan Fitur Payment Protection untuk Dukung Keamanan Transaksi

Untuk menjamin keamanan di perangkat smartphone, Oppo merilis solusi Payment Protection yang dilengkapi dengan fasilitas Environment Security.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang beralih ke belanja online untuk membeli makanan hingga kebutuhan sehari-hari.

Dengan meningkatnya transaksi online, penggunaan aplikasi perbankan dan dompet digital di smartphone pun meningkat. Untuk itu, keamanan bagi pengguna smartphone merupakan hal yang mutlak.

Untuk menjaga keamanan pribadi, tidak cukup hanya mengandalkan password. Apalagi, kini ancaman online seperti phishing dan malware kian masif.

Untuk menjamin keamanan di perangkat smartphone, Oppo merilis solusi Payment Protection yang dilengkapi dengan fasilitas Environment Security.

Dalam keterangan resmi Oppo yang diterima Liputan6.com, Jumat (3/7/2020), salah satu perangkat Oppo yang kebagian fitur ini adalah Oppo A92.

Cara kerjanya, ketika pengguna melakukan transaksi pembayaran dari smartphone, Payment Protection akan memberikan perlindungan otomastis. Pelindung transaksi pembayaran daring ini akan mendeteksi keamanan sistem, captcha, dan aplikasi e-commerce yang dipakai pengguna.

Sebagai contoh, ketika pengguna Oppo A92 membuka aplikasi perbankan di smartphone-nya, fitur ini akan otomatis memindai smartphone dari berbagai kemungkinan malware.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hindari Perekaman Input Teks

Fitur Payment Protection Oppo A92 dilengkapi dengan Secure Keyboard. Fitur keyboard virtual ini akan mencegah adanya perekaman input teks atau angka yang dilakukan oleh malware atau keylogger dan mencegah pengiriman data melalui koneksi internet.

Ketika aplikasi sudah terlindungi, akan ada notifikasi berwarna biru yang berbunyi Secure Payment di bagian atas layar.

Perangkat akan mengetahui aplikasi yang membutuhkan perlindungan saat pembayaran, dan akan diaktifkan secara default.

Untuk mengaktifkan fitur Payment Protection pengguna bisa mengecek Setting kemudian pilih Security dan tap Payment Protection.

3 dari 3 halaman

Tips Aman untuk Pengguna

Walaupun sudah melakukan transaksi dan pembayaran online, pengguna juga perlu memastikan:

- menggunakan username dan password untuk transaksi, berbeda dengan akun lainnya

- membuat password yang sulit ditebak

- selalu mengganti password secara berkala

- mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya yaitu official Google Play

- memeriksa riwayat transaksi secara rutin

- menghindari transaksi dengan menggunakan koneksi Wi-Fi publik atau perangkat yang dipakai khalayak umum

- melakukan logout atau keluar dari aplikasi setelah selesai transaksi.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini