Sukses

Hore, Pengguna Telkomsel Dipastikan Segera Bisa Akses Netflix

Pengguna internet Telkomsel disebut akan bisa segera mengakses konten-konten Netflix.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna internet Telkomsel disebut akan bisa segera mengakses konten-konten Netflix.

Dalam peluncuran layanan internet rumah berbasis WiFi Telkomsel Orbit, Head of Home LTE Project Telkomsel Arief Pradetya menyebut, tidak lama lagi internet milik Telkomsel akan bisa dipakai untuk mengakses Netflix.

"Hanya bisa bilang dalam waktu dekat Netflix akan bisa (diakses menggunakan layanan Telkomsel). Tapi kapannya, akan ada pengumuman terpisah," kata Arief, dalam peluncuran Telkomsel Orbit secara livestreaming, Kamis (2/7/2020).

Tanpa menyebutkan tepatnya, Arief mengatakan, waktunya tidak akan lama lagi.

Sebelumnya, sumber anonim dari TelkomGroup juga menyebutkan, TelkomGroup akan membuka blokir Netflix pada bulan ini.

"Kalau tidak ada aral melintang, blokir Netflix akan dibuka pada Juli ini," kata sumber tersebut kepada tim Tekno Liputan6.com, Rabu (1/7/2020).

Sumber itu juga mengatakan, laporan yang menyebutkan pemblokiran akan dibuka pada pekan sebetulnya ini belum bisa dipastikan.

"Info yang beredar agak kurang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Blokir Netflix

Sekadar informasi, sejak Januari 2016, ketika Netflix pertama hadir di Tanah Air, Telkom Group memutuskan untuk memblokir akses internet mereka terhadap Netflix dengan dalih masalah etik.

Saat itu Netflix dianggap tidak mematuhi regulasi pemerintah Indonesia terkait take down konten negatif.

Namun baru-baru ini, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro membocorkan bahwa Netflix sudah banyak berubah. Dalam hal pengawasan orang tua, misalnya, layanan ini menjadi lebih baik dan sudah memiliki take down policy.

"Ini bocoran sedikit, kami memang sedang bicara serius dengan Netflix. Kita tahu mengapa Telkom Group dulu tidak memperbolehkan pelanggannya untuk mengakses Netflix itu karena alasan etik. Ada beberapa hal yang memang disepakati pihak Netflix saat ini terkait kebijakan konten," kata pria yang karib disapa Anto dikutip Tekno Liputan6.com, Jumat (12/6/2020) dari diskusi webinar Industri Telekomunikasi Menyambut Normal Baru yang diselenggarakan Tempo.

"Sekarang kami melihat Netflix sudah banyak sekali berubah. Parental control-nya sudah lebih baik, kemudian Netflix sudah lebih banyak bekerja sama dengan produsen konten lokal, kemudian ada take down policy yang jauh lebih baik daripada dulu, sehingga kami sekarang sedang dalam proses untuk secara serius berbicara dengan Netflix dan menuju ke arah sana, menuju ke arah kami memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix dari network Telkom," ujar Anto, memberikan penjelasan terkait perubahan sikap Netflix.

Lebih lanjut, ketika ditanya kapan blokir Netflix bakal dibuka oleh Telkom Group, Anto mengatakan, "InsyaAllah dalam hitungan minggu."

3 dari 3 halaman

Tentang Telkomsel Orbit

Sementara terkait Telkomsel, baru-baru ini pihaknya meluncurkan layanan internet rumah berbasis WiFi, Telkomsel Orbit. Pada fase awal peluncurannya, Telkomsel Orbit menjangkau 50 kota di Indonesia. Layanan ini disebutkan terus bertambah ke depannya.

Head of Home LTE Project Telkomsel Arief Pradetya mengatakan, Telkomsel Orbit adalah produk inovasi terbaru yang menyediakan koneksi data berupa internet rumah nirkabel berbasis jaringan 4G LTE.

"Solusi digital dari Telkomsel Orbit menggunakan perangkat modem wifi dengan kualitas jaringan seluler terbaik dan paket data yang bisa diandalkan tanpa mengharuskan pelanggan berlangganan," kata Arief, Kamis (2/7/2020).

Pengguna yang ingin berlangganan bisa memesan wifi Telkomsel Orbit melalui website, kemudian perangkat akan dikirim ke rumah masing-masing. Selanjutnya, konsumen pun dapat melakukan aktivasi sendiri, hingga monitoring paket secara transparan melalui aplikasi MyOrbit.

Solusi Telkomsel Orbit hadir dalam dua varian modem, yakni Orbit Star dan Orbit Max. Orbit Star memiliki kemampuan untuk terhubung dengan 32 perangkat sekaligus. Sementara, Orbit Max mampu terkoneksi ke 64 perangkat.

Kedua modem pun bisa diaktifkan dan disambungkan ke perangkat setelah dipasang mandiri oleh pelanggan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.