Sukses

Cara Setel Hapus Otomatis Aktivitas di Akun Google

Liputan6.com, Jakarta - Penyimpanan data oleh penyedia layanan di internet menjadi salah satu isu yang banyak mendapat sorotan. Terkini, Google memperbarui kebijakan penyimpanan data dengan menghapus aktivitas data di akun pengguna secara otomatis.

Sundar Pichai, CEO di Google dan Alphabet mengumumkan kebijakan baru tersebut dan ini berlaku untuk aktivitas-aktivitas inti pengguna.

"Ketika pertama kali mengaktifkan Riwayat Lokasi, opsi penghapusan otomatis secara default akan diatur ke 18 bulan. Penghapusan otomatis Aktivitas Web & Aplikasi juga akan diset secara default menjadi 18 bulan, termasuk untuk akun baru," kata Sundar dikutip dari keterangan resmi perusahana.

Ini berarti, seluruh data aktivitas pengguna Google akan secara otomatis dan berkala akan dihapus setelah melampaui 18 bulan.

"Periode penyimpanan secara default ini tidak akan berlaku untuk produk Google lainnya seperti Gmail, Drive dan Photos, yang dirancang untuk menyimpan konten pribadi Anda dengan aman," kata Sundar.

Selain itu, Sundar juga menegaskan bahwa perusahaan tidak menjual informasi pengguna kepada siapa pun dan tidak menggunakan informasi di aplikasi di mana pengguna menyimpan konten pribadi, seperti Gmail, Drive, Calendar, dan Photo untuk keperluan iklan.

2 dari 3 halaman

Google My Activity

Perusahaan juga menyediakan pilihan masa tenggang penghapusan otomatis lain, yakni 3 bulan. Kamu bisa menemukan setelan ini dengan mengunjungi https://myactivity.google.com/. Pastikan kamu telah terhubung dengan akun Google kamu.

Selanjutnya, kamu pilih menu Activity Control dan ketuk menu Auto-Delete. Kamu akan mendapati kotak dialog seperti ini:

Auto-Delete di Google My Activity

Misalnya, saya memilih untuk menghapus semua aktivitas saya 18 bulan ke belakang. Kemudian muncul kotak dialog berikut ini:

Auto-Delete di Google My Activity

Selanjutnya saya mengklik pada tombol Confirm untuk mengonfirmasi bahwa saya mengizinkan Google untuk menghapus semua aktivitas inti saya 18 bulan ke belakang.

3 dari 3 halaman

Konfirmasi dari Google

Berikutnya akan muncul kotak dialog terakhir yang menyatakan bahwa Google telah menyimpan preferensi saya dalam penyimpanan data aktivitas, 18 bulan lebih.

Artinya, semua data aktivitas di akun Google saya yang melampaui 18 bulan akan dihapus secara otomatis dan permanen dan tidak akan lagi dikaitkan dengan akun Google saya.

Namun tentu saja, pengguna masih dapat menghapus data aktivitasnya secara manual kapan pun dia mau.