Sukses

Persiapan 5G, Telkomsel Hadirkan VoLTE di Bogor dan Sidoarjo

Telkomsel menambah cakupan layanan telepon berkualitas tinggi VoLTE ke wilayah Bogor, Jawa Barat dan Sidoarjo, Jawa Timur sebagai langkah persiapan membangun layanan 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menambah cakupan layanan telepon berkualitas tinggi VoLTE ke wilayah Bogor, Jawa Barat dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Sebelumnya, panggilan suara di jaringan LTE ini sudah diluncurkan Telkomsel di beberapa wilayah seperti Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Surabaya.

Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Adhi Putranto mengatakan selain memperluas cakupan wilayah, Telkomsel juga berkolaborasi dengan vendor smartphone lain untuk menyediakan perangkat yang mendukung VoLTE.

"Dalam update kali ini, layanan panggilan VoLTE diperluas ke wilayah Bogor dan Sidoarjo. Kemudian untuk device yang mendukung layanan ditambah dengan smartphone Xiaomi, yakni Mi Note 10, Mi Note 10 Pro, dan Pocophone F1," kata Adhi dalam media update Telkomsel mengenai VoLTE yang digelar secara livestreaming, Jumat (19/6/2020).

Sebelumnya layanan VoLTE hanya bisa digunakan untuk pengguna smartphone Samsung, Huawei, dan Vivo seri tertentu.

Telkomsel juga menyebutkan, pada tahap soft launch ini, layanan VoLTE Telkomsel bisa digunakan secara terbatas oleh pelanggan terpilih yang memenuhi syarat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Pengguna Bisa Rasakan Layanan VoLTE

Persyaratannya antara lain berada di wilayah jangkauan VoLTE , perangkat harus mendukung VoLTE, dan kartu Telkomsel berjaringan 4G. Berdasarkan data, pada tahap soft launch sudah ada 300.000 konsumen yang bisa menikmati panggilan VoLTE.

Untuk mengaktifkannya, pelanggan hanya perlu mengaktifkan fitur VoLTE yang ada di menu pengaturan perangkat.

Nantinya di status bar perangkat akan ada tulisan VoLTE dan panggilan berkualitas tinggi yang suaranya lebih jernih pun bisa dirasakan pengguna.

Vice President Network Planning and Engineering Telkomsel Akhmad mengatakan, ke depan Telkomsel akan memperluas ketersediaan layanan VoLTE, baik dari segi cakupan wilayah maupun perangkat pendukung. Dengan begitu, VoLTE bisa dinikmati lebih banyak pelanggan.

3 dari 3 halaman

Sebagai Langkah Awal Menuju 5G

Dari sisi jaringan, menurut Akhmad, kehadiran layanan VoLTE merupakan upaya memperkuat roadmap untuk mempersiapkan 5G di Indonesia.

"VoLTE ditujukan untuk memindahkan layanan panggilan suara yang saat ini dilakukan di jaringan  2G dan 3G ke jaringan 4G. Dengan begitu, nantinya frekuensi yang dipakai menggelar layanan 2G dan 3G bisa dipakai untuk menggelar layanan 5G," kata Akhmad.

Lebih lanjut dia mengatakan, kehadiran VoLTE bisa jadi langkah persiapan ke arah 5G. Pasalnya di jaringan 5G nanti akan ada fitur panggilan Voice over New Radio (VoNR). Saat ini layanan tersebut masih dalam tahap standarisasi dan ekosistemnya masih belum siap.

"Kalau sudah ada 5G, misalnya sekarang kami tidak memiliki layanan VoLTE, panggilan suara akan berada di jaringan 2G atau 3G dan ini secara pengalaman akan turun sekali (downgrade). Oleh karenanya, dari sisi teknis, ketika panggilan dilakukan di jaringan 4G, pengalaman pengguna 5G tidak terlalu turun," ujar Akhmad memaparkan.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini