Sukses

Axiata Bakal Caplok Operator Telekomunikasi di Indonesia?

Perusahaan telekomunikasi Malaysia, Axiata, kabarnya tengah dalam pembicaraan untuk mengakuisisi operator Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan telekomunikasi asal Malaysia, Axiata, kabarnya tengah dalam pembicaraan untuk mengakuisisi operator Indonesia. Operator yang disebut-sebut akan dicaplok itu memiliki skala lebih kecil ketimbang XL Axiata, anak usaha Axiata yang beroperasi di Indonesia.

Kepada Reuters, CEO Axiata Jamaludin Ibrahim menyebut, pembelian saham salah satu operator telekomunikasi Indonesia ini dilakukan untuk memangkas biaya dan persaingan di pasar terbesar ketika pandemi Covid-19.

Perlu diketahui, di Indonesia, pasar telekomunikasi dari segi jumlah pengguna, masing-masing dikuasai oleh PT Telekomunikasi Indonesia (melalui Telkomsel), XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Tri Indonesia.

"Kecuali untuk pemain terbesar, saya bisa katakan bahwa saat ini kami tengah berbicara dengan semua pihak untuk semacam pengaturan (penjajakan kesepakatan bisnis)," kata CEO Axiata Jamaludin Ibrahim, sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (26/5/2020).

Jamaludin juga menegaskan, pihaknya tidak berencana mengakuisisi dua operator telekomunikasi Indonesia, melainkan hanya satu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cuma Mau Akuisisi Satu Operator

"Saya tidak memiliki bayangan untuk membeli dua (operator)," katanya.

Sekadar informasi, dari segi kapitalisasi pasar, PT Indosat memiliki Rp 10,68 triliun. PT Smartfren memiliki nilai pasar Rp 21 triliun. Sayangnya Tri Indonesia tidak menyebutkan berapa kapitalisasi pasarnya.

Jamaludin mengatakan, grup Axiata sendiri memiliki kapitalisasi pasar sekitar USD 8 miliar atau setara Rp 118 triliun.

3 dari 3 halaman

Berminat Akuisisi Operator di Negera Lain

Tidak hanya mencoba menjalin kesepakatan bisnis dengan salah satu operator di Indonesia, Axiata juga berupaya menjajaki kesepakatan dengan operator di Malaysia dan juga Sri Lanka.

Perlu diketahui, selain beroperasi di Indonesia dan Malaysia, Axiata juga memiliki bisnis di Bangladesh, Kamboja, Nepal, Pakistan, Myanmar, Thailand, Laos, dan Filipina.

"Saya harap sebelum saya pensiun, salah satu kesepakatan di negara entah Malaysia, Indonesia, atau Sri Lanka bisa terjadi. Apalagi, Covid-19 membuat konsolidasi kian dibutuhkan lebih dari sebelumnya. Oleh karenanya, kami terus berdiskusi dengan sejumlah pihak," katanya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini