Sukses

LG Setop Smartphone Seri G, Yuk Kenang Produk-produknya

Setelah delapan tahun kehadirannya dengan 30 varian smartphone, LG akhirnya menyetop seri LG G miliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah delapan tahun kehadirannya dengan 30 varian smartphone, LG akhirnya menyetop seri LG G miliknya.

LG seri G yang pertama hadir pada 2012 dan tidak lagi dirilis setelah tahun 2019.

Setelah menghentikan LG seri G, vendor smartphone asal Korea Selatan ini merilis seri baru bernama LG Velvet. Demikian sebagaimana dikutip dari Android Authority, Selasa (26/5/2020).

Dalam lingkaran Android, LG seri G bersaing langsung dengan smartphone-smartphone premium dari merek lain. Misalnya saja dengan Galaxy seri S, HTC seri One, dan Xperia.

Seri G menjadi lini smartphone terpenting bagi LG. Oleh karena itu, menghentikan seri G pasti bukan keputusan kecil bagi perusahaan dan hal ini dianggap menjadi babak baru dalam perjalanan smartphone LG.

Lantas, smartphone apa saja yang pernah dihadirkan LG dalam seri G-nya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Smartphone LG Optimus G

Rupanya, LG memulai seri G dengan kehadiran LG Optimus G yang dirilis pada 2012.

LG Optimus G merupakan salah satu handset pertama di pasaran yang menggunakan prosesor quad core Snapdragon S4 Pro milik Qualcomm.

Selanjutnya, perusahaan merilis LG G2 yang menjadi penantang serius dalam pasar flagship smartphone. Perangkat ini membawa kesuksesan buat LG dengan berbagai fitur premiumnya. Contohnya adalah layar beresolusi 1080 piksel dan bazel yang terbilang tipis untuk saat itu.

LG G2 (slashgear.com)

LG G2 juga hadir dengan kamera 13MP dan dukungan perekaman video 1080 piksel, serta baterai 3.000mAh. Lagi-lagi, LG G2 mencuri perhatian dunia dengan penggunaan chipset Snapdragon yang menjadi tenaganya.

3 dari 4 halaman

LG G3

Selanjutnya, LG merilis LG G3. Smartphone ini bahkan menjadi salah satu smartphone terbaik besutan LG. Hal tersebut didukung oleh kamera yang mumpuni, desain kekinian, software yang baik, serta jadi salah satu smartphone yang memiliki layar QHD.

Beralih ke LG G4, perangkat ini lagi-lagi mencuri perhatian dengan layar lengkungnya serta dukungan wireless charging. Sayangnya, keputusan LG untuk memakai chipset Snapdragon 808 menjadi hal kontroversi karena membuat perangkat mengalami masalah boot loop.

LG G4 direndam di dalam air selama dua jam? Percaya atau tidak?

LG kemudian menghadirkan LG G5 yang memulai tren kamera wide angle dan dual camera.

Ponsel terbaru LG G5 yang mengusung konsep modular.

4 dari 4 halaman

LG G6 hingga LG G8 ThinQ

Lalu, ada pula LG G6 yang hadir dengan spesifikasi tinggi dibarengi dengan desain kaca, kamera, serta audio mumpuni.

Kejayaan LG perlahan memudar, sampai perusahaan merilis LG G7 ThinQ. ThinQ merupakan brand yang biasanya diusung LG untuk produk lemari es cerdas.

Taehyung V BTS memakai LG G7 ThinQ. Dok: LG (via allKpop)

LG juga merilis LG G8 ThinQ yang sayangnya, tidak berhasil menaikkan kembali nama LG sebagai salah satu pemimpin pasar. Hal ini tak terlepas dari mulai banyaknya brand premium yang lebih murah dari Tiongkok.

LG G8 ThinQ di gelaran LG InnoFest 2019, Sydney, Australia. Liputan6.com/Iskandar

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.