Sukses

Tanya Tekno: Tidak Bisa Telepon Karena Otak-Atik Jaringan, Bagaimana Solusinya?

Liputan6.com, Jakarta - Halo.

Saya telah mengikuti tutorial lock 4G only dengan menggunakan aplikasi Setting Database Editor (SetEdit), yaitu mengganti value hw_networkmode_preference 9,3,2,1 menjadi 9,3,2,1,11.

Lalu akibatnya saya tidak bisa melakukan telepon dan menerima telepon. Akhirnya saya kembalikan value tersebut menjadi semula yaitu 9,3,2,1, tetapi tidak berhasil dan saya tetap tidak bisa menelepon dan menerima telepon.

Saya sudah melakukan factory reset, tetapi tidak berhasil juga. Bagaimana caranya supaya saya bisa kembali telepon dan terima telepon di handphone saya?

Terima kasih

Yunus di Pondok Kelapa, Jakarta Timur

---

Halo, Yunus.

Terima kasih banyak atas pertanyaannya.

Perlu diketahui bahwa mengubah nilai dari hardware network (HW Network) perlu pemahaman lebih lanjut. Di dunia telekomunikasi seluler, kamu pasti pernah dengar beberapa macam network atau jaringan; ada GSM (2G), EDGE (2,5G), UMTS (3G), HSDPA (3,5G), LTE (4G), dan sekarang yang terbaru ada 5G.

Pada setiap jenis network ada yang namanya band frekuensi. Misal, kamu bisa cek spesifikasi handphone, di bagian network ada keterangan seperti ini:

  • GSM 850 /900/1800 dll
  • 3G 850 / 900 dll
  • 4G 1/2/3/4/5/7/12/17 dll

Mengubah value atau nilai dari HW network otomatis akan mengubah band frekuensi tersebut secara permanen dan informasi mengenai jaringan lama akan hilang.

2 dari 3 halaman

Solusi

Jadi, untuk memperbaiki handphone kamu, biasanya dapat dilakukan dengan cara melakukan flash ulang partisi pada bagian file modem, QCN, dan IMEI dari handphone.

Cari tipe handphone yang sama untuk backup informasi modem dan QCN. Untuk IMEI, nanti bisa ditulis ulang secara manual dengan menyamakan IMEI asli yang tertera di boks handphone. Untuk detail prosesnya, kamu bisa bertanya di grup atau forum sesuai tipe handphone kamu--biasanya di Facebook banyak.

Untuk mengunci jaringan, harusnya kamu lakukan cara lebih simpel saja. Kamu bisa mengetik #*#4636#*#, lalu pilih Network information, ubah Prefered network ke LTE only (4G). Cara ini tanpa risiko, serta lebih mudah dan aman

3 dari 3 halaman

Kirim pertanyaan

Pertanyaan ini dijawab oleh Zhillan, Technical Strategy di Urgent.id. Adapun Urgent.id adalah startup asal Bandung yang memfokuskan diri pada layanan pemesanan servis ponsel, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Buat kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya.

(Why/Ysl)