Sukses

Gojek Bagikan 1 Juta Voucher Makan Per Pekan untuk Mitra Driver

Liputan6.com, Jakarta - Gojek dan Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) membagikan 1 juta voucher makan senilai Rp5.000,- per voucher bagi para mitra driver di kawasan Jabodetabek.

Saat ini voucher yang tersedia secara pekanan itu dapat dapat digunakan di sekitar 10.000 mitra merchant UMKM GoFood di Jabodetabek.

"Pandemi Covid-19 sangat berdampak terutama bagi para pekerja sektor informal yang mengandalkan penghasilan harian, seperti jutaan mitra driver online," kata Hans Patuwo, Chief Operations Officer Gojek dalam keterangan tertulis.

Oleh sebab itu, kata Hans, perusahaan bersama YABB membagikan 1 juta voucher guna meringankan beban mitra driver, terutama untuk kebutuhan makan sehari-hari.

"Kami memulai program ini di Jabodetabek dan akan diperluas ke kota-kota lainnya. Pembagian voucher ini adalah realisasi salah satu dari 12 program bantuan untuk mitra driver Gojek di masa Covid-19," tutur Hans lebih lanjut.

Voucher ini dapat digunakan untuk membeli satu paket makanan seharga Rp10.000,- hingga Rp15,000 di sekitar 10.000 warung dan rumah makan mitra merchant UMKM GoFood. Mulai 7 April 2020 hingga 31 Mei 2020 inisiatif ini berlangsung di Jabodetabek dan akan meluas ke kota-kota lainnya.

Inisiatif ini juga dilakukan untuk membantu keberlangsungan pendapatan UMKM di sektor kuliner selama masa pandemik Covid-19.

2 dari 3 halaman

Apresiasi terhadap pelaku UMKM kuliner

Garibaldi Thohir, Komisaris Utama Gojek sekaligus Dewan Pembina Yayasan ABB, menyampaikan apresiasinya terhadap para pelaku UMKM di sektor kuliner yang tetap bekerja keras menjalankan usahanya di masa sulit seperti sekarang.

"Kami berharap program ini dapat membantu menjaga pendapatan mereka, sehingga usaha mereka bisa terus hidup sekaligus bisa membantu kebutuhan makan para mitra driver Gojek," tutur Garibaldi.

Dia berharap langkah serupa dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya, sekaligus juga bisa menggerakkan hati para pebisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk membantu jutaan pekerja sektor informal lainnya yang terkena dampak pandemi.

 

3 dari 3 halaman

Dukungan paket makanan dari Gojek untuk Tenaga Kesehatan

Selain itu, Gojek dan Yayasan ABB juga memberikan bantuan berupa paket makanan kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi ujung tombak dalam merawat para pasien yang terkena Covid-19. Inisiatif ini dimulai di belasan rumah sakit rujukan Covid-19 di Jabodetabek, seperti RSPI Dr. Sulianti Saroso dan RS Darurat Wisma Atlet.

Inisiatif ini merupakan lanjutan dari kemitraan antara Gojek, Kementerian Kesehatan RI, dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dalam penanganan Covid-19, yang telah dimulai pekan lalu dengan pembagian voucher perjalanan dengan GoRide dan GoCar kepada para nakes.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI drg. Oscar Primadi, MPH menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif ini.

"Bantuan berupa paket makanan teman-teman tenaga kesehatan juga memungkinkan mereka untuk tetap fokus dan semangat menjalani pekerjaan di situasi yang penuh tantangan ini," tutur Oscar.

Di samping itu, Gojek juga memberikan peluang kepada pelanggan untuk berpartisipasi di program #bantugardaterdepan. Dengan melakukan tiga transaksi per pekan di GoFood, pelanggan sudah berkontribusi ke program berbagi paket makanan kepada mitra driver dan nakes.

(Why/Isk)