Sukses

Telkomsel Gratiskan Kuota Data 30GB untuk Akses Situs E-learning di 130 Kampus

Paket ini memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk mengakses situs e-learning masing-masing kampus dan situs Spada Indonesia milik Kemendikbud RI selama 30 hari tanpa biaya.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung mahasiswa melakukan aktivitas belajar di rumah, Telkomsel menggandeng perguruan tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud), untuk menghadirkan Paket Bebas Akses Ilmupedia hingga 30GB bagi mahasiswa 130 kampus di Indonesia.

Paket ini memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk mengakses situs e-learning masing-masing kampus dan situs Spada Indonesia milik Kemendikbud RI selama 30 hari tanpa biaya.

Program ini merupakan pengembangan dari paket Ilmupedia yang sebelumnya telah bisa digunakan untuk mengakses platform e-learning Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta para pemimpin Pemda (pemerintah daerah) telah mengimbau masyarakat untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah sebagai upaya penanggulangan penyebaran COVID-19.

"Memahami hal tersebut, Telkomsel akan senantiasa berdampingan dan berkolaborasi bersama pemerintah dan pemangku kepentingan di sektor pendidikan untuk bergotong royong menjaga dan memastikan agar aktivitas belajar di berbagai tingkatan pendidikan tetap dapat dilakukan dengan efektif, walau harus dilakukan secara daring,” kata Setyanto melalui keterangannya, Selasa (24/3/2020).

Ia menambahkan, nantinya paket ini akan segera dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning 130 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Mulai dari Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh hingga Universitas Cendrawasih di Jayapura, dan dari Universitas Negeri Manado di Manado hingga Universitas Nusa Cendana di Kupang," ungkap Setyanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masa Berlaku Paket

Telkomsel berharap upaya solidaritas bersama ini dapat mempermudah mahasiswa, dosen maupun orangtua yang sedikit banyak menghadapi tantangan karena darurat Covid-19.

Mahasiswa dapat memanfaatkan paket ini selama 30 hari ke depan sejak tanggal aktivasi melalui aplikasi MyTelkomsel.

Mengenai daftar situs e-learning perguruan tinggi yang sudah dapat diakses melalui Paket Bebas Akses ilmupedia 30GB, serta informasi lainnya dapat diakses di telkomsel.com/paket-ilmupedia.

3 dari 3 halaman

Kenaikan Trafik

Sejak diberlakukannya imbauan bagi para pelajar untuk melakukan proses belajar dari rumah secara daring, Telkomsel hingga kini mencatat peningkatan trafik layanan data dalam pemanfaatan sistem/aplikasi belajar daring (e-learning) mencapai 236 persen.

Untuk itu, Telkomsel telah menyiagakan tambahan kapasitas jaringan di sejumlah wilayah yang memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh.

Selain itu, Telkomsel juga telah melakukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan COVID-19, seperti kantor pemerintahan terkait dan rumah sakit, termasuk tiga Rumah Sakit Darurat khusus penanganan pasien pandemi COVID-19 yaitu Hotel Patra Comfort Jakarta, Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini