Sukses

Bocoran iOS 14, Apple Bawa Tampilan Multitaksing iPadOS ke iPhone

Berdasarkan bocoran yang ada, Apple disebut-sebut berencana memboyong tampilan multitasking iPadOS ke iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan sudah mulai menggarap sistem operasi mobile terbaru besutannya, yakni iOS 14. Bocoran soal iOS 14 pun baru-baru ini sudah beredar di internet.

Dikutip dari BGR, Rabu (26/2/2020), salah satu fitur yang terungkap adalah tampilan multitasking di iOS 14. Dari sebuah video yang disebut-sebut sebagai uji coba internal Apple, tampilan multitasking iOS kini dibuat mirip iPadOS.

Salah satu perbedaan yang paling terlihat adalah aplikasi kini tidak lagi ditampilkan sejajar, melainkan dibagi dalam dua baris. Tampilan ini mirip dengan yang ada di iPadOS.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah tampilan itu memang benar-benar pengujian internal iOS 14 atau sekadar jailbreak. Namun dari seorang pembocor di Twitter Ben Geskin, fitur akan hadir dengan nama App Switcher.

Untuk sekarang, bocoran soal iOS 14 memang sangat terbatas. Terlebih, Apple memang belum mengungkap kehadirannya ke publik, tapi seperti tahun-tahun sebelumnya, iOS anyar akan diperkenalkan saat gelaran WWDC yang digelar Juni.

Terlepas dari bocoran soal iOS 14, Apple sendiri baru saja merilis pembaruan untuk iOS 13, yakni iOS 13.4. Secara akumulatif, ada lebih dari 60 fitur dan perubahan yang dihadirkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Fitur Baru iOS 13.4

Untuk mengetahui apa saja fitur terbaru pada iOS 13.4, simak rangkumannya berikut ini seperti dilansir dari Gadget Hacks, Minggu (9/2/2020).

1. 9 Stiker Memoji Baru

Perusahaan menambahkan 9 stiker memoji baru pada iOS 13.4. Mereka adalah Face with Steam from Nose, Smiling Face with Hearts, Partying Face, Face Screaming in Fear, Winking Face with Tongue, Technologist, Tipping Hand, Folded Hands, dan Gesturing No.

2. Pindahkan dan Tandai 

Pada versi 13 sebelumnya pengguna hanya bisa menghapus atau menekan balasan pada email, yang kemudian akan disediakan beberapa opsi lagi. Namun kini ada tambahan selain opsi hapus dan balas, yaitu "move" dan "flag" atau Pindahkan dan Tandai.

3. Control Center Baru

Apple sedikit mengubah tampilan Control Center di iOS 13.4. Perubahan yang terlihat yaitu informasi jaringan berada di sebelah kiri atas dan statistik baterai ada di sebelah kanan atas saat kamu membuka Control Center. Berbeda dengan sebelumnya, tidak ada informasi apa pun saat kamu membuka control center.

4. Pembelian Aplikasi MacOS dan iOS sekaligus

Apple kini menggabungkan aplikasi iOS dan macOS menjadi satu pembelian sekaligus.

Misalnya kamu membeli aplikasi di Mac App Store, maka kamu bisa mengunduhnya juga di iOS, seperti untuk iPhone, secara gratis.

5. iCloud Folder Sharing

Sebenarnya fitur ini hendak dirilis bersamaan dengan iOS 13.3, tetapi dibatalkan dan akhirnya debut di iOS 13.4. Fitur ini memungkin kamu untuk berbagi folder secara interaktif dengan orang lain melalui web dan mungkin saja menjadi pesaing Dropbox.

6. CarKey

Dengan iOS terbaru, kamu bisa menjadikan iPhone kamu sebagai kunci mobil. Hal ini bisa kamu lakukan selama kendaraanmu kompatibel dengan NFC.

3 dari 3 halaman

7. CarPlay

CarPlay mendapatkan pembaruan di iOS 13.4, yaitu memiliki navigasi pihak ketiga sebagai tambahan serta kontrol panggilan baru.

8. Family Sharing

Aplikasi TV juga mendapatkan sedikit pembaruan. Terdapat "Family Sharing" di tab Library. Namun jika kamu tidak memiliki akun yang diatur demikian, kamu tidak akan melihat opsi tersebut.

9. Atur Library TV Sesuai dengan Genre

Item yang sudah kamu beli baik dari iTunes atau dari akun digital lain akan otomatis disinkronisasi di Movies Anywhere. Jika sebelumnya hanya ada opsi TV Shows dan Movie, kini Genre menjadi opsi tambahan.

10. Opsi Detail di Serial TV

Kini ada tambahan opsi "Detail" hadir saat kamu hendak menonton serial.

11. Ikon VPN Nonaktif

Saat kamu menonaktifkan VPN di iOS 13.4, akan muncul sebuah ikon.

12. Apple Music

Saat kamu mendengarkan lagu menggunakan Apple Music biasanya muncul lirik dari lagu tersebut. Kini, bagian instrumental dari musik juga ditampilkan pada layar lirik. Apple Music menampilkan ellipsis (•••) sebagai instrumen.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.