Sukses

Penasaran dengan Aktivitasmu di WhatsApp? Cek Caranya di Sini

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mungkin telah menjadi salah satu aplikasi penting yang kerap dipakai untuk berkomunikasi saat ini. Karenanya, wajar apabila aplikasi ini digunakan untuk menghubungi banyak orang, mulai dari orang terdekat hingga rekan kerja.

Dengan komunikasi yang begitu sering dilakukan, tidak jarang pengguna penasaran ingin mengetahui aktivitas yang dilakukannya lewat aplikasi ini. Mulai dari orang yang sering dihubungi, file yang dikirimkan, hingga grup chat yang diikuti.

Beruntung, WhatsApp kini memungkinkan pengguna mengetahui aktivitas komunikasi. Jadi, kamu dapat mengetahui langsung apa saja yang sudah dilakukan, termasuk pertukaran pesan, foto, hingga pesan suara.

Cara untuk mengetahui aktivitasmu di WhatsApp juga terbilang mudah, kamu dapat mengaksesnya langsung dari menu pengaturan. Nah, untuk mengetahui langkah lengkapnya, berikut ini ada informasi resmi dari WhatsApp yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (15/2/2020).

1. Buka WhatsApp

2. Pilih Pengaturan/Settings dari Pojok Kanan Aplikasi

3. Setelah itu, akses Penggunaan Data dan Penyimpanan/Data and Storage Usage

4. Terakhir, pilih Pengunaan Penyimpanan/Storage Usage

Begitu menu itu terbuka, kamu akan melihat daftar lengkap grup yang diikuti, termasuk kontak yang sering kamu kirimkan pesan. Urutan paling atas biasanya menunjukkan orang yang paling sering dikirimkan pesan.

Namun perlu diingat, urutan ini diukur berdasarkan penyimpanan data di telepon. Karenanya, orang yang berada di urutan atas kemungkinan merupakan kontak yang paling sering kamu kirimkan pesan foto atau video, tidak hanya teks.

Selanjutnya, kamu dapat memilih kontak yang diinginkan untuk mengetahui aktivitas komunikasi yang sudah terjalin selama ada di WhatsApp. Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui siapa sebenarnya kontak yang paling sering kamu kirimkan pesan.

2 dari 4 halaman

Catat Rekor Baru, WhatsApp Punya 2 Miliar Pengguna

Sebelumnya, WhatsApp baru saja mengumumkan capaian baru di awal 2020 ini. Lewat laman blognya, aplikasi milik Facebook tersebut mengumumkan telah mengantongi 2 miliar pengguna di seluruh dunia.

"Kami bersemangat untuk membaginya, bahwa mulai hari ini, dukungan WhatsApp sudah lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia," tulis perusahaan seperti dikutip dari situs resminya, Kamis (13/2/2020).

Jumlah ini dari sebelumnya aplikasi ini mencatat ada 1,5 miliar pengguna di 2018 dan 1 miliar pengguna pada 2016. Meski besar, jumlah pengguna WhatsApp belum mengalahkan induknya, Facebook, yang memiliki 2,5 miliar pengguna.

3 dari 4 halaman

Komitmen Keamanan WhatsApp

Bersama pengumuman ini, WhatsApp juga menegaskan komitmennya terhadap keamanan pengguna. Karenanya, perusahaan mengatakan enkripsi end-to-end merupakan pengaturan bawaan di aplikasi.

"Enkripsi yang kuat mirip dengan gembok digital yang tidak dapat dirusak, menjaga informasi yang dikirimkan lewat WhatsApp aman, juga melindungi pengguna dari hacker dan kriminal," tulis perusahaan.

Menurut perusahaan, enkripsi yang kuat saat ini merupakan kebutuhan di kehidupan modern. Karenanya, mereka memastikan tidak ada kompromi soal keamanan, mengingat hal itu akan membuat orang merasa kurang aman.

"Sebagai perlindungan tambahan, kami bekerja dengan ahli keamanan terbaik, menggunakan teknologi mumpuni, tanpa mengorbankan privasi," tulis perusahaan lebih lanjut.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini