Sukses

Bikin Konten Foto dan Video, Kenali Dulu Bedanya Digital, Hybrid, dan Optical Zoom

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran ponsel yang dilengkapi kamera menjadi salah satu kebahagiaan bagi para penggunaanya. Bagaimana tidak, setiap momen dapat diabadikan tanpa harus mengandalkan kamera poket.

Seiring perkembangan zaman, kehadiran kamera di ponsel atau smartphone kini lebih canggih lagi. Bahkan hal itulah yang cenderung menjadi faktor penentu saat kamu membeli ponsel baru.

Nah bagi kalian yang doyan bikin konten pakai smartphone, ada baiknya tahu lebih jelas mengenai fitur zoom di kamera, seperti digital zoom, hybrid zoom, optical zoom. Berikut penjelasannya:

2 dari 6 halaman

Digital Zoom

Ini adalah fitur umum yang ada di setiap kamera ponsel. Fungsinya tentu untuk membuat subjek tampak lebih dekat dan lebih besar. Hasil digital zoom pastinya tak membuat output mengesankan.

Itu karena saat pengambilan gambar, hasil cropping dilakukan dengan memotong gambar yang sudah ada. Alhasil terjadi penurunan kualitas (resolusi) yang menjadikan gambar tampak kurang tajam dan sering kali memunculkan efek noise.

3 dari 6 halaman

Optical Zoom

Optical zoom adalah salah satu fitur di smartphone yang digunakan untuk membuat objek foto terlihat lebih dekat. Optical zoom menghasilkan gambar lebih smooth karena lensa memiliki jarak yang lebih jauh dengan sensor gambar.

Tentunya hasil gambar atau video dari optical zoom lebih tajam dan lebih baik dari digital zoom karena bekerja menggunakan hardware sebagai pendukung di smartphone.

4 dari 6 halaman

Hybrid Zoom

Untuk hybrid zoom bisa dibilang, pembesaran gambar terbilang unik. Itu karena cara kerjanya dikombinasikan dengan optical zoom dan digital zoom. Cara kerja hybrid zoom dilakukan dengan bantuan software untuk memperhalus serta meningkatkan kualitas gambar. Peran hybrid zoom di kamera ponsel biasanya menerapkan mode atau fitur Night Mode atau HDR.

5 dari 6 halaman

Alasan Mengapa Kamu Butuh Fitur Zoom di Smartphone

Tak dapat dipungkiri bahwa smartphone adalah gadget terbaik yang mendukung para penggunanya, untuk membagikan momen terbaik lewat sosial media, seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan Stop Motion.

Oleh karena itu, kamu perlu smartphone yang memberikan kualitas zoom terbaik. Namun yang harus kamu tahu, sebenarnya makin banyak zoom kamu akan mengalami masalah. Salah satunya adalah goyangan kamera yang sulit diatasi dan hasilnya blur.

6 dari 6 halaman

Resolusi 8K

Oleh karena itu, ada alasan mengapa kamu membutuhkan kualitas zoom terbaik di smartphone. Dari beberapa jenis zoom, optical zoom merupakan fitur kamera dengan resolusi tertinggi layaknya kamera profesional. Itu karena optical zoom punya kemampuan membesarkan sampai 50 kali.

Dengan kemampuan tersebut, pasti kamu bakal lebih senang dong? Ya, bagi para pencinta lanskap, kamu pasti lebih leluasa meng-capture pemandangan. Misalnya, kamu bisa memotret burung atau pelangi di langit dengan hasil yang detail.

Selain menghasilkan gambar dari smartphone dengan kualitas zoom yang mumpuni, kamu juga bisa merekam video dalam resolusi terbaik, yaitu 8K. Dengan kehadiran smartphone yang didukung resolusi video 8K, jangankan membuat vlog, kamu bahkan bisa membuat film pendek dan bisa diputar di layar sangat besar dan detail lebih jelas. Itu karena resolusi tinggi, sehingga dapat menghasilkan gambar yang detail tajam dan lebih jelas.

 

(*)