Sukses

Wajah Baru dan Deretan Fitur Anyar Google Maps

Google merayakan ulang tahun Google Maps ke-15 dengan wajah baru dan beberapa fitur anyar berdasarkan masukan dari pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Google Maps hadir sejak 2005, dengan memulai inisiatif untuk memetakan dunia. Sejak saat itu, Google membuat berbagai terobosan mengenai fungsi peta.

Mulai dari menunjukkan rute terbaik ke suatu tempat hingga membantu pengguna menjelajah dan beraktivitas.

Dengan lebih dari 1 miliar orang mengandalkan Google Maps untuk melihat dan menelusuri dunia, kini Google merayakan ulang tahun Google Maps ke-15 dengan wajah baru dan beberapa fitur anyar berdasarkan masukan dari pengguna.

Sekarang kamu bisa meng-update aplikasi Google Maps versi baru untuk Android dan iOS.

Semua yang kamu butuhkan dapat diakses dengan mudah melalui lima tab: Jelajahi, Perjalanan, Tersimpan, Kontribusi, dan Terbaru. Demikian menurut keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, Sabtu (8/2/2020).

Dengan fitur Jelajahi, kamu bisa mencari tempat makan siang, hiburan, atau bermain gim? Di tab Jelajahi, kamu akan menemukan informasi, rating, ulasan, dan masih banyak lagi tentang lebih dari 200 juta tempat di seluruh dunia, termasuk restoran, objek wisata, dan bangunan menarik terdekat.

Kemudian tab Perjalanan befungsi untuk memastikan kamu mengambil rute yang paling efisien. Atur dan simpan perjalanan harian kamu di aplikasi untuk mendapatkan info terbaru secara realtime tentang keadaan lalu lintas, lama perjalanan, dan saran rute alternatif.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tersimpan, Kontribusi, dan Terbaru

Pada tab Tersimpan, pengguna telah menyimpan lebih dari 6,5 miliar tempat di Google Maps. Dari supermarket baru di sekitar kota sampai restoran terkenal di daerah yang akan kamu kunjungi.

Sekarang kamu bisa melihat semua tempat menarik tersebut dalam satu halaman yang mudah diakses. Kamu pun bisa menyusun rencana perjalanan dan membagikan rekomendasi berdasarkan tempat-tempat yang pernah kamu datangi.

Lalu pada Kontribusi, kamu dapat dengan mudah membagikan informasi lokal, seperti detail tentang jalan dan alamat, tempat yang belum ada, ulasan tentang suatu bisnis, dan foto.

Setiap kontribusi dari pengguna sangat bermanfaat untuk membantu orang lain mencari tahu tentang tempat dan aktivitas baru.

Terkahir, yaitu tab Terbaru memberikan informasi tentang tempat yang sedang tren dan harus dikunjungi menurut pakar dan penerbit konten lokal, seperti The Infatuation.

Selain mencari, menyimpan, dan membagikan rekomendasi dari dan kepada jaringan kamu, kamu juga bisa langsung melakukan chat dengan bisnis untuk meminta informasi.

3 dari 4 halaman

Ikon Baru

Google juga merilis ikon baru yang mencerminkan perkembangan Google Maps dalam memetakan dunia. Ikon baru ini berbentuk pin, yang merupakan bagian penting dari Google Maps sejak awal, dan menunjukkan perluasan misi Google.

Google Maps tidak cuma membantu kamu menuju ke suatu tempat, tetapi juga mempermudah kamu dalam menemukan tempat dan pengalaman baru.

Untuk merayakan ulang tahun Google Maps yang ke-15, akan muncul ikon mobil dengan balon warna-warni yang akan tersedia dalam waktu terbatas saat kamu menggunakan Google Maps untuk navigasi.

 

4 dari 4 halaman

Informasi Baru

Tahun lalu, Google Maps memperkenalkan fitur prediksi kepadatan penumpang berdasarkan data perjalanan sebelumnya untuk memperkirakan seberapa ramai bus, kereta, atau MRT yang mungkin ingin kamu naiki.

Agar kamu dapat merencanakan perjalanan dengan lebih mudah, Google akan menambahkan informasi baru dari penumpang sebelumnya tentang rute kamu, sehingga kamu akan segera bisa melihat detail-detail penting.

Antara lain seputar suhu, aksesibilitas, kereta perempuan, fasilitas keamanan, dan jumlah gerbong yang tersedia (khusus di Jepang).

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.