Sukses

Begini Cara Nonaktifkan Fitur Lokasi di Smartphone Android

Tim Tekno Liputan6.com merangkum tips bagaimana caranya menonaktifkan fitur lokasi di smartphone Android kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak pengguna, fitur lokasi di smartphone bisa sangat berguna untuk mengetahui di mana lokasi kamu berada ataupun restoran favorit terdekat.

Walau sangat bermanfaat, ada banyak pengguna yang merasa fitur ini melanggar masalah privasi. Sebagian besar merasa, keberadaan atau lokasi mereka tidak harus selalu diketahui via layanan Google.

Di dalam artikel ini, tim Tekno Liputan6.com merangkum tips bagaimana caranya menghentikan pelacakan lokasi di ponsel Android kamu.

Bagaimana caranya? Sebelum memulai, ada baiknya kamu memperhatikan tips ini akan berbeda-beda tergantung dari versi Android yang digunakan.

Untuk tips kali ini, kami menggunakan smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro yang menjalankan Android 10 dengan MIUI 11.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Matikan Fitur Lokasi

Tips mudah matikan fitur lokasi di Android. (Liputan6.com/ Yuslianson)

1. Buka menu "Settings" / "Setelan" di Android kamu lalu cari tab "Location" / "Lokasi" atau "Password & Security" / "Sandi & Keamanan" tergantung dari perangkat Android yang digunakan.

2. Klik "Lokasi" / "Location" dan geser tombol ke arah kiri untuk mematikan fitur lokasi di Smartphone.

3. Kamu juga bisa pilih "Layanan Lokasi Darurat" / "Emergency Location Service" dan "Berbagi Lokasi Google" untuk menonaktifkan pelacakan lokasi di sana juga.

(Fitriah Nurul Annisa/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini