Sukses

Cek Layanan Streaming Ramah Anak Berikut Ini

Untuk para orang tua, berikut ini ada beberapa daftar layanan streaming yang menyajikan konten ramah anak.

Liputan6.com, Jakarta - Konsumsi video maupun lagu saat ini telah beralih ke platform atau aplikasi online secara streaming. Karenanya, akses untuk mendapatkan beragam konten video pun semakin mudah.

Namun, kemudahan ini tidak jarang memunculkan masalah tersendiri bagi para orang tua. Alasannya, anak-anak mereka dapat dengan mudah mencari beragam video lewat platform tersebut dan tak jarang ada beberapa yang belum pantas untuk mereka tonton.

Bagi para orang tua sebenarnya ada beberapa layanan streaming ramah anak atau setidaknya menyediakan konten khusus untuk anak-anak. 

Nah, apa saja aplikasi tersebut, berikut ini ada beberapa aplikasi streaming ramah anak yang dihimpun dari beberapa sumber, Selasa (14/1/2020).

1. YouTube Kids

Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan YouTube yang dibuat khusus untuk pengguna anak-anak. Karenanya, konten di dalamnya pun dibuat lebih sesuai dengan anak-anak.

YouTube mengatakan konten di platform ini sudah dibekali filter otomatis dan peninjauan secara manual. Tidak hanya itu, orang tua dapat memberikan masukan terkait konten di dalamnya.

Hal lain yang penting adalah orang tua dapat mengontrol konten dan durasi menonton anak-anaknya. YouTube juga memungkinkan orang tua memblokir konten yang dianggap tidak sesuai dengannya, sehingga tidak dapat ditonton oleh anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Netflix

Berbeda dari YouTube Kids, layanan untuk anak-anak ini berada di aplikasi Netflix, bukan menjadi aplikasi terpisah. Konten untuk anak-anak ini dapat diakses dari akun yang khusus dibuat dengan nama Kids.

Sesuai namanya, konten di dalam bagian ini ramah dan memang ditujukan untuk anak-anak. Netflix mengatakan konten di dalamnya sudah dikurasi dan diseleksi, sehingga aman dikonsumsi anak-anak.

Tidak hanya itu, orang tua juga dapat mengatur konten yang ditampilkan sesuai dengan usia anak, seperti balita atau sudah lebih dewasa. Sebagai tambahan, orang tua juga dapat mengatur PIN agar anak-anak tidak bisa mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

3 dari 3 halaman

3. Spotify

Mirip seperti Netflix, Spotify juga memungkinkan orang tua untuk mengatur konten yang dapat didengarkan anak-anak. Namun untuk melakukannya, orang tua harus berlanggan paket Premium Family lebih dulu.

Setelah itu, pengguna dapat mengatur apa yang dapat didengar dan tidak bisa didengar oleh anak. Untuk diketahui, Spotify sebenarnya juga sudah merilis aplikasi khusus untuk anak-anak, tapi belum tersedia di Indonesia.

Mengingat aplikasi ini khusus anak-anak, tema lagu di dalamnya lebih terbatas, seperti lagu tema film Disney, lagu tentang dinosaurus, atau kisah anak-anak. Desainnya pun dibuat lebih berwarna dan ceria.

Menurut Spotify, lagu yang ditampilkan di Spotify Kids sudah dipastikan bebas dari bahasa-bahasa kasar atau memiliki unsur kekerasan termasuk penggunaan senjata.

Sebagai catatan, selain tiga layanan di atas, sejumlah kanal TV khusus anak-anak, seperti Disney atau Nickelodeon juga memiliki aplikasi tersendiri dan juga diunduh. 

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini