Sukses

Ini Daftar Smartphone yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp di Akhir 2019

Menurut sejumlah laporan, bakal ada jutaan pengguna WhatsApp dengan smartphone lawas yang akan kehilangan akses ke aplikasi pesan terpopuler itu.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp bakal menghentikan dukungan untuk iOS, Android, dan Windows Phone versi lawas mulai akhir 2019.

Menurut sejumlah laporan, bakal ada jutaan pengguna WhatsApp dengan smartphone lawas yang akan kehilangan akses ke aplikasi pesan terpopuler itu.

Sebelumnya, dalam persyaratan update sistem WhatsApp, pengguna hanya bisa memakai aplikasi chatting ini jika smartphone mereka menjalankan iOS 9 atau Android 3 ke atas. 

Sementara, seluruh smartphone Windows Phone akan kehilangan akses WhatsApp setelah tanggal 31 Desember 2019.

Lantas, smartphone apa saja yang tak lagi didukung oleh WhatsApp? Berikut informasinya, sebagaimana dikutip dari LifeHacks, Minggu (14/12/2019). 

1. iPhone yang lebih lawas dari iPhone 5, misalnya iPhone 4 dan iPhone 4s.

2. Seluruh perangkat Microsoft Lumia

3. Seluruh smartphone seri HP Elite

4. Android yang diluncurkan setelah tahun 2010 atau sebelumnya. Misalnya saja Google Nexus One, Samsung Epic 4G, dan Motorola Droid X.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diminta Update OS

Untuk itu, pengguna diminta untuk meng-update sistem operasi smartphone mereka jika masih memungkinkan.

Jika tidak, pengguna smartphone lawas bisa meng-upgrade perangkatnya ke versi lebih baru untuk bisa kembali memakai WhatsApp.

Langkah WhatsApp ini tidaklah mengejutkan, pasalnya, teknologi yang lawas memang biasanya ditinggalkan karena perusahaan beralih ke teknologi yang lebih baru untuk meningkatkan layanan.

Apalagi kini Facebook telah mengontrol WhatsApp dan berencana membuat WhatsApp terintegrasi dengan Facebook Messenger dan Instagram Messages.

3 dari 3 halaman

Jutaan Pengguna Kehilangan Akses WhatsApp

Pada 2020, bakalan ada jutaan pengguna yang berpotensi kehilangan akses ke aplikasi milik Facebook tersebut. Kenapa?

Dikutip dari laman bantuan di web perusahaan, Kamis (12/12/2019), WhatsApp tidak akan bisa lagi dipakai di smartphone yang menjalankan iOS dan Android lawas.

Adapun OS yang tidak mendukung WhatsApp lagi, yakni perangkat yang masih menjalankan iOS 8 atau sebelumnya.

Sementara itu, perangkat Android yang sudah tidak bisa memakai WhatsApp adalah smartphone yang menjalankan Android 2.3.7 atau sebelumnya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini