Sukses

Bucin hingga Unicorn Paling Dicari di Google Sepanjang 2019

Istilah Bucin hingga Unicorn paling banyak dicari warganet di Google sepanjang tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya reaksi, gaya hidup, dan sosok yang menginspirasi perubahan, orang Indonesia ternyata juga banyak yang penasaran dengan informasi atau istilah yang sedang tren.

Dalam Google Year in Search 2019, istilah Bucin hingga Unicorn paling banyak dicari di Google. Bucin sendiri adalah bahasa anak zaman now yang merupakan kepanjangan dari budak cinta.

Sementara Unicorn adalah startup atau perusahaan rintisan yang nilai kapitalisasinya lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun.

Selain Bucin dan Unicorn, istilah lain yang paling banyak diburu warganet di Google adalah Ferguso, Gerd, KKN, Japri, Mukbang, Podcast, Santuy, dan Halu.

Year in Search 2019 sendiri menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun ini, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Data diperoleh berdasarkan penelusuran sampai dengan 28 November 2018 dan daftar tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas hasil penelusuran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Sekadar Data

Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Filipina, dan SEA NBU, Veronica Utami, pengungkapan hasil penelusuruan ini dilakukan setiap tahun dan selalu menarik.

"Hasil penelusuran ini tidak sekadar menampilkan data, tapi juga mengetahui apa yang dirasakan dan dialami orang Indonesia sepanjang 2019. Hal itu dapat diketahui dari pencarian yang dilakukan pengguna di tahun ini," tuturnya saat event Year in Search 2019 di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Lebih lanjut Veronica mengatakan untuk tahun ini Google juga menambahkan kategori baru, yaitu kepergian tokoh. Kategori ini hadir untuk memberi perhatian lebih pada tokoh-tokoh inspiratif bagi orang banyak.

"2019 adalah tahun penuh perubahan dan harapan bagi Indonesia tidak hanya negara tapi juga individu. Hal itu dapat dilihat dari pencarian individu yang ingin melakukan perubahan, seperti mencari gaya hidup sehat," tuturnya menjelaskan.

3 dari 3 halaman

Cinta Luar Biasa hingga Nadiem Makarim

Event Google Year in Search 2019. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Dari hasil penelusuran Google di tahun ini, lagu Cinta Luar Biasa masuk dalam daftar yang paling populer. Lagu yang dinyanyikan Andmesh ini berada di urutan 10 besar, bersama topik lain, seperti bucin hingga Nadiem Makarim. 

Untuk informasi, topik yang masuk dalam daftar trending ini merupakan pencarian yang dilakukan secara berkelanjutan dan terus bertambah. Selain itu, daftar ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas pencarian. 

"Saya tidak menyangka lagu Cinta Luar Biasa menjadi penelusuran terpopuler. Terima kasih untuk seluruh support yang diberikan sepanjang 2019," tutur Andmesh menanggapi keberhasilan lagunya menjadi pencarian terpopuler di Indonesia.

Nah, bagi kamu yang penasaran tentang daftar pencarian terpopuler di Google sepanjang 2019, berikut ini ada daftar lengkapnya:

1) Cinta Luar Biasa

2) Pilpres 2019

3) Dua Garis Biru

4) Hidup Sehat

5) Bucin

6) KKN Desa Penar

7) Telur Gulung

8) Keluarga Cemara

9) Nadiem Makarim

10) RUU KUHP

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.