Sukses

Acmad Zaky Lepas Jabatan CEO Bukalapak

Achmad Zaky mengumumkan tidak lagi menjabat sebagai CEO Bukalapak.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak baru saja mengumumkan perubahan di jajaran C-Suite. Perubahan ini meliputi posisi CEO Bukalapak yang kini dipegang oleh Achmad Zaky.

Dikutip dari blog Bukalapak, Senin (9/12/2019), Zaky dipastikan akan melepas jabatannya sebagai CEO Bukalapak. Adapun penggantinya adalah Rachmat Kaimuddin.

Dengan perubahan ini, Zaky kini berperan sebagai penasihat dan pendiri Bukalapak, tech startup mentor, dan ketua Yayasan Achmad Zaky yang akan segera didirikan.

"Kami memulai Bukalapak dengan semangat pribadi untuk menciptakan dampak positif bagi UMKM. Saya bangga dalam waktu 10 tahun, Bukalapak dikenal di peta dunia sebagai e-commerce Indonesia yang terkemuka," tutur Zaky.

Lebih lanjut Zaky mengatakan Rachmat dipilih untuk memimpin karena kepemimpinannya bisa mengarahkan Bukalapak ke tingkat yang lebih lagi.

"Saya percaya Rachmat adalah orang yang tepat, bagian dari tim yang tepat, di posisi yang tepat, dan datang pada waktu yang tepat," tutur lulusan Institut Teknologi Bandung ini.

Dengan perubahan, komposisi C-Suite baru Bukalapak kini terdiri dari Rachmat Kaimuddin sebagai CEO, Fajrin Rasyid sebagai Presiden dan Co-Founder, Nugroho Herucahyono sebagai Chief Technical Officer (CTO) dan Co-Founder, dan Willix Halim sebagai Chief Operating Officer.

Lalu, ada Natalia Firmansyah sebagai Chief Financial Officer, Teddy Oetomo sebagai Chief Strategy Officer, dan Bagus Harimawan yang baru bergabung di Juli 2019 sebagai Chief of Talent.

Perubahan komposisi di level C-Suite ini terhitung efektif tanggal 6 Januari 2020. Adapun perubahan ini merupakan kelanjutan dari rencana jangka panjang perusahaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diganti Muhammad Rachmat Kaimuddin

Perubahan komposisi di level C-Suite meliputi suksesi peran Chief Executive Officer (CEO) dari Achmad Zaky, salah satu dari tiga pendiri Bukalapak, ke Rachmat Kaimuddin sebagai CEO baru. Dok: Bukalapak

Untuk diketahui, Muhammad Rachmat Kaimuddin merupakan nama yang sudah tidak asing berada di tingkatan tertinggi manajeman perusahaan di Indonesia.

Sebelum bergabung di Bukalapak, dia menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk sejak 2018. Lalu pada 2014, dia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris di Bank Bukopin sebelum akhirnya menjadi Direktur.

"Dengan segala kerendahan hati, saya merasa terharu dan bangga mendapat kepercayaan dari para pendiri Bukalapak untuk melanjutkan peran Mas Zaky dan menjadi bagian dari proses pertumbuhan Bukalapak ke tahap selanjutnya," tutur Kaimuddin.

Nantinya, jajaran pimpinan C-level baru ini akan menavigasikan perusahaan secara jangka panjang. Perusahaan juga akan fokus pada isu yang berkaitan dengan talenta, modal, manajemen keuangan, termasuk peran Bukalapak untuk mendukung UMKM.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.