Sukses

Review ROG Phone 2, Raja Gaming Smartphone untuk Saat Ini

Penasaran seperti apa kemampuan ROG Phone 2? Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba langsung smartphone gaming baru milik Asus ini.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan semakin berkembangnya pasar gaming di dunia, wajar bilamana banyak vendor smartphone melirik pasar pengguna yang antusias ini. Dari sekian banyak perusahaan yang tergiur untuk terjun ke dunia gaming, Asus adalah salah satunya.

Ya, perusahaan asal Taiwan yang terkenal dengan lineup produk gaming ini memutuskan untuk merilis gaming smartphone bernama ROG Phone 2.

Informasi, ini bukan pertama kalinya Asus membawa gaming smartphone di bawah naungan sub-brand mereka, yaitu ROG.

Tahun lalu, Asus memperkenalkan ponsel pintar khusus gamer pertamanya, ROG Phone. Sayang, karena beberapa kendala, perusahaan urung merilis smartphone ini di Indonesia.

Belajar dari hal tersebut, Asus akhirnya pede meluncurkan ROG Phone 2 secara resmi di Indonesia.

Penasaran seperti apa kemampuan ROG Phone 2? Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba langsung gaming smartphone baru milik Asus ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Desain

Asus ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

ROG Phone 2 memiliki bodi sangat besar. Lebih panjang dan berat ketimbang dari Google Pixel 3.

Tentunya, ukuran lebih besar mampu "menampung" layar lebih lebar, sehingga main gim di smartphone ini semakin asyik.

Tapi, kombinasi layar lebih luas dan lebih berat membuat ROG Phone 2 ini agak menyulitkan untuk penggunaan sehari-hari--entah karena ukuran tangan kami yang kecil.

Dalam hal desain, Asus tampaknya telah memilih konsep desain sedikit lebih kalem ketimbang dari seri ROG Phone pertama.

Meski begitu, perusahaan tetap mempertahankan bagian belakang smartphone tersebut menggunakan kaca--Gorilla Glass 6--dengan sentuhan mengilap.

Dual kamera utama di Asus ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Tak hanya itu, Asus juga menghilangkan dua lubang udara di bagian belakang ponsel. Sementara bagian tengahnya masih tetap mempertahankan logo "mata" ROG yang khas dan dapat dikonfigurasi warnanya saat digunakan saat bermain gim.

Selain logo ROG, kamu juga akan menemukan dua lensa kamera beresolusi 48MP dan 13MP. Seperti seri pertama, bagian sisi smartphone masih mengusung fitur touch sensitive yang bernama "AirTriggers" pada sisi kanan bodi.

Tombol power dan volume di sisi bagian kanan ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Fitur ini berfungsi untuk optimalisasi saat bermain gim, khususnya saat main gim menembak seperti PUBG Mobile atau CoD Mobile. 

Di sisi yang sama kamu juga akan menemukan tombol power dan volume. Sementara di bagian bawah, Asus tetap mempertahankan audio jack 3,5mm di saat banyak flagship smartphone ramai-ramai menghilangkannya. 

Letak port USB Type C dan audio jack 3,5mm di sisi bawah Asus ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Di samping port audio jack 3,5mm, terdapat port USB type C yang digunakan untuk transfer data atau pengisian baterai. Kamu juga akan menemukan port USB type C tambahan dan konektor untuk dipasangkan dengan aksesori tambahan.

3 dari 7 halaman

Layar

Tampak depan Asus ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Di bagian depan, kamu akan menemukan layar berukuran 6,59 inci bebas dari notch, sebuah keputusan tepat agar pengguna tidak terhalangi saat bermain gim.

Asus ROG Phone 2 hadir dengan layar AMOLED Full HD+ beresolusi 2340 x 1080 piksel dan menjadi smartphone pertama perusahaan yang hadir dengan refresh rate 120Hz dan waktu respons 240Hz.

Dengan refresh rate 120Hz, kamu bakal dimanjakan oleh tampilan yang halus saat bermain gim ataupun berpindah-pindah aplikasi.

Walau hanya memakai smartphone ini secara singkat, kami melihat bagaimana tampilan gamut warna di layar cukup detail saat menampilkan gambar, entah itu saat bermain gim atau saat streaming video di Netlix.

4 dari 7 halaman

Performa

Call of Duty Mobile di ROG Phone. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Berhubung ini merupakan gaming smartphone, Asus tidak ingin tanggung-tanggung membenamkan hardware ke ROG Phone 2.

ROG Phone 2 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 855+ milik Qualcomm, didampingi GPU Adreno 640. Adapun seri yang kami review merupakan varian RAM 8GB dan 128GB.

Berdasarkan spesifikasi itu, ROG Phone 2 memang smartphone paling cepat di pasaran saat ini. Dalam hal main gim di ROG Phone 2, smartphone ini memang dapat diandalkan dan cukup menakjubkan.

Saat kami menguji coba PUBG Mobile, Asphalt 9, dan Call of Duty: Mobile di smartphone ini, kami tidak menemukan halangan ataupun lag selama bermain.

Untuk mendongkrak peforma, perusahaan juga menyertakan aplikasi tambahan, seperti ROG Armory Crate dan ROG Game Genie.

ROG Armory Crate. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dengan ini, penguna dapat mengoptimalkan pengalaman bermain gim di ROG Phone 2, seperti mengatur clock speed, kecepatan kipas, lampu LED, AirTriggers, sensitifitas, dan banyak lagi.

Sayang, walau memiliki performa tinggi dan mampu memainkan gim tanpa masalah, kami mendapati beberapa masalah saat pakai ROG Phone 2 ini.

Salah satu masalah itu adalah kondisi smartphone yang cepat panas saat bermain gim. Hal ini kami dapati ketika menguji coba dengan setelan refresh rate 120Hz dan X Mode dalam kondisi menyala.

Injustice 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

 

5 dari 7 halaman

Software

ROG UI. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Di kategori ini, tidak ada yang terlalu menonjol dari ROG Phone 2. Gaming smartphone ini sudah beroperasi di Android 9.0 dengan sentuhan ROG UI.

Seperti smartphone lainnya, ROG Phone 2 juga menghadirkan fitur dark mode. Terlepas dari hal itu, tidak banyak lagi yang dapat dibahas lebih dalam tentang UI atau software di gaming smartphone ini.

6 dari 7 halaman

Kamera

Hasil kamera belakang ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dalam hal kamera, ROG Phone 2 seharusnya memiliki performa biasa-biasa saja. Toh, ini merupakan smartphone yang mengandalkan performa hardware untuk bermain gim--namanya juga gaming smartphone.

Karena itu, pastinya Asus mengurangi beberapa fitur di ROG Phone 2 dalam satu hal. Iya, 'kan?

Lensa utama ROG Phone 2 memiliki resolusi 48MP dan lensa ultra-wide nya beresolusi 13MP. Kamera smartphone ini juga mampu merekam video slow motion dan merekam Full HD hingga 240fps, wide angle mode, dan 2x Zoom.

Untuk selfie, Asus menyematkan lensa berkemampuan 24MP. Penasara seperti apa kemampuan kamera ROG Phone 2, simak deretan foto yang kami ambil di bawah ini.

Hasil kamera selfie ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hasil kamera selfie potrait mode ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hasil kamera utama belakang mode ultrawide ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hasil kamera utama ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hasil kamera mengambil potret dalam jarak dekat ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson) 

Hasil kamera belakang saat mengambil potret malam hari dengan ROG Phone 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)

7 dari 7 halaman

Kesimpulan

ROG Phone 2. (Liputan6.com/Yuslianson)

Berbekal hardware berkelas, ROG Phone 2 memang "raja" gaming smartphone di pasaran saat ini. Bahkan, smartphone ini mampu mengungguli kemampuan flagship smartphone yang lebih dulu hadir di pasaran sekalipun.

Secara keseluruhan, smartphone ini bisa menangani semua judul gim cukup efektif. Sayang, bodi smartphone yang cepat panas dapat mengganggu pengalaman bermain gim pengguna.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.