Sukses

Review Realme X2 Pro: Performa dan Kecepatan Ngecas Baterai Bisa Diadu

Liputan6.com, Jakarta - Setelah hadir setahun lamanya di Indonesia dengan perangkat entry level dan menengah, Realme akhirnya merilis flagship smartphone pertama di Indonesia yakni Realme X2 Pro.

Perangkat ini terbilang flagship karena dibekali dengan spesifikasi yang tidak main-main. Antara lain prosesor Snapdragon 855+, empat kamera dengan kamera utama 64MP, layar 90Hz, dan pengisian daya Super VOOC 50 watt.

Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba singkat Realme X2 Pro, seperti apa performanya? Berikut adalah hasil ulasan singkatnya.

Desain dan Layar

Realme X2 Pro mengusung desain yang hampir sama dengan smartphone Realme sebelumnya.

Bisa dibilang kemiripan ini menjadikan desain Realme X2 Pro monoton, tidak ada peningkatan signifikan dibandingkan dengan smartphone Realme lainnya seperti Realme XT misalnya.

Hanya saja pada Realme XT, deretan empat kamera ditempatkan di sisi kiri smartphone. Sementara pada Realme X2 Pro, kamera diletakkan di bagian tengah, lengkap dengan LED flash.

Peletakan logo Realme yang ditempatkan pada bagian samping kiri bawah kamera juga cukup mengganggu dan membuat bertanya-tanya kenapa logo tidak ditempatkan dengan lebih proporsional.

Kamera Realme X2 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Kami mengulas Realme X2 Pro varian putih mengkilap yang memiliki akses gradien warna ungu kebiruan di bawahnya, mirip mutiara.

Selebihnya bagian tiap sisinya masih sama, termasuk peletakan tombol-tombolnya.

Realme X2 Pro sisi samping (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Realme X2 Pro sisi samping (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Perangkat ini juga memiliki jack headphone 3,5mm dan port pengisian daya USB type C.

Sisi bawah Realme X2 Pro dibekali dengan port USB type C dan jack headphone 3,5mm. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beralih ke desain depan, lagi-lagi Realme X2 Pro mengusung desain serupa dengan Realme XT. Tampaknya Realme masih susah move on dari desain layar dengan waterdrop notch untuk kamera depan.

Tampak dew drop notch di layar Realme X2 Pro. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

2 dari 6 halaman

Layar

Meski begitu, Realme X2 Pro hadir jadi smartphone pertama di Indonesia dengan layar yang memiliki kecepatan 90Hz.

Ini membuat pengalaman mengoperasikan smartphone jadi lebih smooth, lancar, dan cepat.

Sekadar informasi, layar Realme X2 Pro berjenis Super AMOLED dengan ukuran 6,5 inci dan rasio screen-to-body mencapai 91,7 persen.

Layar Super AMOLED yang cukup luas ini membuat kebutuhan entertainment pengguna dapat dipenuhi dengan baik.

Pada layar juga, terdapat fitur keamanan in-display fingerprint dengan kemampuan pengenalan 0,23 detik. Artinya, fingerprint di perangkat ini bisa sangat cepat membuka kunci perangkat.

Di samping itu, Realme X2 Pro sudah menggunakan ColorOS versi 6.1 yang lebih berwarna dan smooth, dan mudah digunakan. Pengguna hanya perlu geser layar ke atas untuk menampilkan semua menu. 

Namun demikian, pada Realme X2 Pro, terdapat cukup banyak aplikasi bawaan yang diinstal di dalamnya. 

3 dari 6 halaman

Spesifikasi dan Performa

Performa Realme X2 Pro didukung dengan chipset Snapdragon 855+ dari Qualcomm, versi lebih tinggi dari prosesor flagship Qualcomm. Hal ini sekaligus menjadikan Realme X2 Pro sebagai smartphone pertama di Indonesia dengan Snapdragon 855+.

Realme mengklaim, dengan prosesor ini, kinerja Realme X2 Pro bisa meningkat 5 persen ketimbang smartphone lain dengan Snapdragon 855.

Selain itu, chipset ini juga mendukung Snapdragon Elite Gaming untuk pengalaman gaming yang lebih baik. Juga dengan pemrosesan AI tiga kali lebih besar dibanding generasi sebelumnya.

Realme X2 Pro didukung RAM 12GB dan memori internal 256GB. Dengan RAM dan memori yang begitu besar, sudah pasti bisa menyimpan berbagai file milik pengguna dan kinerjanya pun tanpa nge-lag.

Untuk membuktikan kinerjanya, kami menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, hasilnya 469.336 poin.

Sementara pengujian work dengan aplikasi PC Mark menunjukkan angka 12.379 poin. Adapun pengujian dengan aplikasi 3D Mark memperlihatkan skor Sling Shot Extreme 5.223 dan 4.702 poin.

Hasil benchmark Realme X2 Pro dengan berbagai aplikasi (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selain lewat pengujian benchmark di aplikasi, kami juga menguji dengan permainan PUBG Mobile dan COD untuk memastikan smartphone ini berkinerja baik ketika dipakai main gim.

Hasilnya memang smartphone ini begitu gesit dan nyaman saat dipakai ngegim. Grafis yang ditampilkan pun sangat smooth dan tidak ada jeda.

Hal ini dimungkinkan karean Realme X2 Pro memiliki fitur HyperBoost 2.0. Di mana pengguna bisa menyimpan gim di Game Space. Pengguna juga bisa mengatur mode Do Not Disturb dan jendela semi transparan untuk membuat permainan gim lebih menyenangkan tanpa gangguan.

Saat dipakai untuk keperluan sehari-hari seperti membuka media sosial, email, cacatan, streaming pun semuanya juga lancar tidak ada kendala. Perpindahan antara satu dengan aplikasi lain juga halus dan cepat.

4 dari 6 halaman

Kamera

Kamera adalah satu hal yang diandalkan Realme X2 Pro. Perangkat ini mengusung empat kamera di bodi belakang dan sebuah kamera selfie.

Khusus untuk kamera belakangnya, Realme mengunggulkan sensor 64MP dengan aperture f1.8. Selain itu, Realme X2 Pro juga memiliki kamera sudut lebar 115 derajat yang juga bisa untuk menjepret makro, dengan sensor 8MP dan aperture f2.2.

Sensor lainnya adalah 13MP aperture f2.5 yang memiliki kemampuan zoom 20x dan 5x hybrid optical zoom. Satu kamera lainnya adalah lensa depth untuk menciptakan portrait atau efek bokeh dengan sensor 2MP.

Realme juga membekali fitur Nightscape, serupa dengan smartphone pendahulunya. Tujuannya untuk meningkatkan hasil foto malam hari dengan bantuan AI.

Sementara, untuk kamera selfie, Realme menggunakan sensor 16MP ber-aperture f2.0 yang dilengkapi kemampuan menangkap warna alami kulit dan AI untuk menambah kecantikan saat difoto.

Saat pengujian kamera di siang hari, hasil kamera memang terbilang menakjubkan, apalagi ketika digunakan untuk memotret objek detail seperti bunga atau kaktus. Begitu juga dengan pengujian menggunakan lensa wide angle.

Hasil foto menggunakan Realme X2 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Wide-angle:

Hasil foto menggunakan Realme X2 Pro dengan mode wide-angle (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Realme X2 Pro tampilan depan (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Wide angle:

Hasil foto menggunakan Realme X2 Pro dengan wide-angle (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

 

Hasil foto Realme X2 Pro dengan lensa makro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto menggunakan Realme X2 Pro dengan mode makro. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Namun, ketika memotret panggung dari kejauhan dalam kondisi minim cahaya, hasil fotonya kurang tajam dan maksimal. Masih terdapat noise pada hasil foto.

Hasil foto menggunakan Realme X2 Pro di kondisi panggung yang minim cahaya. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto menggunakan Realme X2 Pro saat malam hari. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sementara ketika digunakan untuk memotret pemandangan kota malam hari, kamera juga kurang maksimal dalam menjepret berbagai objek, terdapat noise di sana sini.

Sensor wide-angle pun kurang mampu menjepret hasil foto dengan baik saat malam hari.

Hasil foto menggunakan Realme X2 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kami mencoba memakai fitur Nightscape untuk membuat hasil foto lebih baik. Hasilnya memang tampak lebih baik, warna cahaya lampunya lebih tampak tajam dan bersinar. Bisa dimaklumi, ketika foto di-zoom, hasilnya pun masih terdapat noise.

Hasil foto menggunakan Realme X2 Pro dengan mode Nightscape. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sayangnya, menurut kami, fitur Nightscape agak kurang cocok dipakai untuk menjepret objek orang di malam hari. Pasalnya, hasil foto memperlihatkan background atau latar foto yang bagus, tetapi wajah orang justru terlihat pucat dan tidak alami.

Hasil foto menggunakan Realme X2 Pro dengan mode Nightscape. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beralih ke kamera depan, pengguna yang senang selfie pasti merasa puas dengan hasil foto Realme X2 Pro. Jika kamu penyuka kamera yang mampu mengubah foto jadi lebih cantik, putih, atau kulit halus semua bisa didapatkan di kamera depan Realme X2 Pro, mengaktifkan AI Beauty. Seperti di bawah ini:

Hasil foto selfie menggunakan mode AI Beauty pada Realme X2 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Namun, jika kamu lebih suka foto alami, matikan AI karena hasil foto selfie tanpa fitur Beauty pun sudah terlihat bagus dan wajar. Seperti di bawah ini:

Hasil foto selfie menggunakan Realme X2 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

5 dari 6 halaman

Baterai dan Fast Charging

Baterai dan teknologi pengisian daya cepat Super VOOC 50 watt adalah satu satu hal yang patut di-highlight pada Realme X2 Pro.

Perangkat ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000mAh. Namun baterainya tak cepat habis karena didukung manajemen baterai AI.

Teknologi ini memprediksi aplikasi yang kurang aktif, membekukan aplikasi tersebut, mengurangi caching berlebih, dan mencegah aplikasi dibuka untuk menghemat daya maksimum.

Baterai 4000mAh didukung pengisian SuperVOOC 50 watt yang mengisi baterai dari 12 persen ke 100 persen hanya dalam waktu setengah jam.

 

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Realme X2 Pro hadir sebagai flagship smartphone yang menantang bagi perangkat dari merek lain di kelas premium. Apalagi, Realme X2 Pro didukung dengan prosesor yang paling powerful saat ini, yakni Snapdragon 855+.

Tak hanya itu, perangkat ini didukung dengan pengisian daya cepat Super VOOC 50 watt yang mampu mengisi daya 4.000mAh dalam waktu sekitar 30 menit. Untuk meningkatkan pengalaman, Realme X2 Pro juga dibekali layar 90Hz yang memberi sentuhan lebih nyaman.

Realme X2 Pro juga didukung dengan RAM dan memori internal yang sangat luas yang memastikan kinerja tetap mulus meski dipakai untuk menyimpan berbagai file dan aplikasi. Yang menarik, untuk mendongkrak performa saat main gim, Realme dibekali dengan fitur HyperBoost 2.0.

Hasil kamera Realme X2 Pro pun cukup baik dengan kamera utama 64MP, terutama untuk memotret di siang hari. Sayangnya, untuk malam hari, kamera Realme X2 Pro kurang bisa menangkap momen sebaik di siang hari.

Hal ini terlihat dari foto tanpa efek Nightscape yang agak mengewakan dan tidak terbebas dari noise. Maka dari itu, pengguna bisa mengaktifkan fitur Nightscape untuk membuat hasil foto pemandangan malam tampak seperti foto dengan kamera profesional.

Hal lain yang juga kurang dari Realme X2 Pro adalah dari sisi desain. Realme X2 Pro mengusung desain yang tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya. Seharusnya Realme X2 Pro bisa hadir dengan desain yang lebih unik dan kekinian.

Meski begitu, jika kamu adalah pengguna yang melakukan banyak aktivitas di smartphone, misalnya untuk main gim, foto, sampai bekerja, Realme X2 Pro bisa menjadi pilihan, apalagi dibandingkan dengan flagship smartphone lain yang harganya lebih mahal.  

(Tin/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Realme Siap Rilis True Wireless Earphone Bulan Ini
Artikel Selanjutnya
Realme Ungkap Chipset di X50 5G