Sukses

Smartphone Lipat Moto Razr 2 Bakal Punya 4 Sensor Sentuh

Motorola belum membuka pre-order untuk smartphone lipat Razr 2019, tapi informasi tentang suksesornya sudah muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Motorola baru membuka pre-order untuk smartphone lipat Razr 2019, tapi informasi tentang suksesornya sudah muncul. Informasi ini berasal dari paten yang diterima oleh Motorola beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Phone Arena, Senin (25/11/2019), LetsGO Digital melaporkan Motorola telah menerima hak atas paten bertajuk Cumulative Sensor in a Foldable Phone dari U.S. Patent and Trademark Office (USPTO). Ilustrasi di dalam paten memperlihatkan sebuah ponsel lipat seperti desain Razr, tapi memiliki berbagai sensor sentuh di bagian sampingnya.

Terdapat empat sensor sentuh di dua sisi ponsel, yakni dua sensor di atas engsel dan sisanya di bagian bawah. Keempat sensor tersebut dapat digunakan sebaga tombol virtual ketika perangkat dibuka dan ditutup.

Berdasarkan paten itu, 20 fungsi dan 20 gerakan berbeda dapat digunakan dengan sensor sentuh di bagian samping ponsel. Selain itu, 13 fungsi dan gerakan dapat digunakan ketika lipatan layar dibuka, serta tujuh fungsi dan gerakan dapat digunakan ketika perangkat ditutup.

Ponsel lipat Razr tersebut juga memiliki pemindai sidik jari di bagian bawah perangkat. Kemungkinan besar, fitur itu akan disematkan di dalam layar. Ini berdasarkan ilustrasi yang ada di dokumen USPTO, meskipun fitur tersebut tidak dibahas sama sekali di dalamnya.

Sensor di bagian samping smartphone sejatinya bukan hal baru. HTC pernah menghadirkan sensor Edge Sense pada HTC U11 pada 2017.

Seri Pixel memiliki teknologi serupa bernama Active Edge, yang secara cepat mengaktifkan Google Assistant ketika kedua sisi ponsel diremas. Namun saat ini, sensor di bagian samping belum ada pada ponsel lipat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motorola Buka Pre-order Razr 2019 Bulan Depan

Motorola akan membuka pre-order untuk Razr 2019, di Eropa. Mulai Desember 2019, konsumen di wilayah Eropa sudah bisa memesan produk tersebut.

Dilansir GSM Arena, Inggris dan Italia sudah dipastikan akan membuka pre-order Motorola Razr 2019 pada bulan depan. Operator Inggris, EE, mengklaim akan menjual smartphone itu secara eksklusif di negara tersebut.

Pre-order di Inggris akan dimulai pada Desember 2019, tetapi pengirimannya kepada konsumen dilakukan pada Januari 2020. Harga jual di luar kontrak operator diperkirakan 1.400 Poundsterling atau sekira Rp 25, 5 juta.

Di Italia, pre-order Motorola Razr 2019 akan dimulai pada 4 Desember. Penjualannya juga baru digelar pada Januari 2020.

Menurut laporan, konsumen di Jerman, Swedia, dan Belanda, juga akan segera bisa mengikuti program pre-order Motorola Razr 2019. Peluncuran di pasar Swedia dilaporkan pada 24 Januari 2020.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.