Sukses

BRI Jadi Satu-satunya Perusahaan Indonesia yang Raih Data Impact Awards 2019

BRI menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang mendapatkan penghargaan Data Impact Awards 2019.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali menyabet penghargaan internasional pada bidang teknologi informasi dari Cloudera. BRI bahkan menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang mendapatkan penghargaan Data Impact Awards 2019 tersebut.

"Ini merupakan salah satu wujud pengakuan dari proses transformasi digital yang dilakukan BRI dalam meningkatkan kualitas layanan dan produk bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia,” kata Indra Utoyo, Direktur Teknologi, Informasi dan Operasi BRI melalui keterangannya, Minggu (29/9/2019).

Penghargaan yang diberikan Cloudera ini, Indra melanjutkan, merupakan motivasi perusahaan untuk terus berinovasi go smaller, go shorter berbasis big data.

"Ke depannya, BRI akan terus berusaha menjadi lebih baik dalam memanfaakan teknologi informasi untuk menyediakan akses perbankan ke seluruh pelosok Tanah Air dan berupaya mengakselerasi inklusi keuangan Indonesia dengan big data serta memastikan no one left behind,” ucapnya.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Executive Vice President Digital Center of Excellence BRI Kaspar Situmorang di sela perhelatan ajang tahunan Strata Data Conference 2019 yang digelar di New York, Amerika Serikat.

BRI mengantongi penghargaan Data Impact Awards 2019 pada kategori Data Security and Governance setelah bersaing melawan Liberty Global, PNC dan RingCentral di jajaran finalis.

Faktor utama dalam penilaian ialah implementasi organisasi pemenang menunjukkan tujuan luar biasa dalam misi mereka, kemajuan teknis, dan dampak keseluruhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libatkan 30 Ahli

Pada situs resmi perusahaan penyedia perangkat lunak Cloudera disebutkan terdapat lebih dari 400 nama perusahaan dari seluruh dunia yang bersaing untuk mendapatkan penghargaan Data Impact Awards 2019.

Setidaknya terdapat 30 orang juri panelis dari kalangan ahli manajemen dana analisa data yang menyeleksi peserta untuk menjadi finalis hingga mendapatkan penghargaan. Pihak Cloudera mengaku tidak ikut serta dan menyerahkan sepenuhnya proses penjurian secara obyektif kepada juri panelis.

Data Impact Awards merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Cloudera sebagai apresiasi terhadap para inovator di bidang pemanfaatan dan pengelolaan data menggunakan platform Cloudera.

Pada tahun ini terdapat 7 kategori yakni Data from The Edge-To-AI, Data for Enterprise AI, Data Anywhere, Data Security and Governance, Data Champion, Data for Good, dan Industry Transformation.

 

3 dari 3 halaman

Transformasi Digital BRI

Dengan mengganti sistem lawas dengan Cloudera Enterprise, tim Big Data & Analytics BRI mampu menganalisis data yang sangat besar, memungkinkan BRI untuk mendapatkan wawasan bisnis baru dan mendapatkan pemahaman mendalam dan baru tentang pelanggan.

Wawasan-wawasan baru ini membantu BRI untuk membuat keputusan strategis berdasarkan data untuk efisiensi, produktivitas, dan pertumbuhan yang lebih baik dalam berbagai cara dengan menjadi yang pertama di industri.

Bekerja dengan Cloudera telah memungkinkan BRI untuk memanfaatkan teknologi terkini seperti artificial intelligent (AI) dan machine learning (ML) dengan cara yang benar-benar baru untuk memperkuat solusi yang meningkatkan keamanan dan tata kelola sambil memberikan dampak bisnis yang besar.

Cloudera diakui BRI digunakan untuk menyelesaikan masalah analisis data yang telah dikumpulkan perusahaan (data legacy). Big Data telah diterapkan di dalam BRI untuk meningkatkan layanan dan keamanan pelanggan dalam bertransaksi digital sehari-hari.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini