Sukses

Tagar Hidup Mahasiswa Bergelora di Twitter

Aksi unjuk rasa mahasiswa dari berbagai universitas di DPR dan DPRD menyita perhatian banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Para mahasiswa dari berbagai universitas menggelar demonstrasi sejak kemarin, Senin (23/9/2019), hingga hari ini di depan Gedung DPR, dan DPRD di berbagai kota di Indonesia.

Mereka menyuarakan penolakan terhadap Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberatasan Tindak Pidana Korupsi (KPK), dan Revisi Undang-Undang KUHP (RUU KUHP).

Aksi unjuk rasa tersebut menyita banyak perhatian, termasuk di ranah internet. Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Selasa (24/9/201), saat berita ini ditulis, #HidupMahasiswa menduduki posisi puncak Indonesia trends pada hari ini di Twitter.

Selain itu, tagar tersebut juga berada di peringkat 8 topik terpopuler di dunia alias worldwide trends Twitter.

Berbagai foto tentang demontrasi di berbagai kota, termasuk di depan DPR menghiasi lini masa Twitter. Para pengguna Twitter juga menyuarakan dukungan mereka kepada para mahasiswa dengan kalimat "Semangat adek2."

Demo mahasiswa di beberapa kota di Indonesia menjadi trending topic di Twitter. (Doc: Twitter)

Berikut beberapa kicauan terkait unjuk rasa mahasiswa tersebut:

"Merinding liat tweet-tweet di tagar #HidupMahasiswa dan melihat orang-orang yg turun aksi. For those who join the protest, please stay safe! We're all in the same boat. #HIDUPRAKYATINDONESIA#RakyatDukungAksiMahasiswa," tulis pengguna dengan akun @tikaadhani.

"Kawan-kawan mahasiswa yang sejak kemarin menyuarakan aspirasi masyarakat, selamat berjuang!#HidupMahasiswa #HidupRakyatIndonesia#MosiTidakPercaya," kicau @fujivineyard.

"Buat adek2 mahasiswa semangat demonya hari ini. Jangan lupa yang membahas RUU KPK itu pemerintah dan DPR. jadi jangan cuma DPR yang jadi sasaran tembak," demikian twit dari @eryghifar.

"Ada harapan besar yang merepresentasikan suara rakyat. Semangat adek2 ku, tolak segala bentuk politisasi dan aji mumpung partai X," tulis @abifazari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mahasiswa Mulai Padati Depan Gedung DPR

Suasana di depan Gedung DPR/MPR mulai dipadati mahasiswa pagi ini, Selasa (24/9/2019). Mereka datang dengan membawa papan-papan yang bertuliskan tuntutan terhadap DPR untuk membatalkan revisi UU KUHP dan UU KPK.

Tak hanya itu, dari pantauan Liputan6.com, para petugas kemanan pun mulai bersiap siaga mengamankan demonstrasi.  Beberapa kendaraan taktis pun terlihat terparkir di depan gerbang Gedung DPR/MPR yang menghadap ke arah Jalan Gatot Subroto.

Sementara itu, kondisi lalu lintas di depan Gedung DPR terlihat ramai lancar. Belum ada tanda-tanda penutupan jalan di sekitar lokasi. Titik kemacetan terpantau di sekitar Stasiun Palmerah, yang tak jauh dari lokasi demonstrasi.

Beberapa mahasiswa terlihat datang dari stasiun tersebut dan memilih berjalan ke lokasi aksi.

Ratusan mahasiswa sebelumnya memadati gedung DPR/MPR pada Senin 23 September 2019. Aksi penolakan RUU KUHP dan UU KPK tersebut berlangsung hingga malam.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini