Sukses

Pembaruan iOS 13 Sebabkan Masalah untuk PUBG Mobile dan Fortnite

Pembaruan iOS 13 ternyata menyebabkan masalah untuk gim PUBG Mobile dan Fortnite.

Liputan6.com, Jakarta - Pembaruan iOS 13 yang telah Apple gulirkan ternyata belum sepenuhnya sempurna. Pasalnya, setelah pengguna memperbarui perangkatnya ke iOS 13, sejumlah gamer menemukan kendala ketika memainkan PUBG Mobile dan Fortnite

Mereka tidak bisa memainkan kedua gim battle royale tersebut. Kedua gim itu, sama seperti gim lainnya, mengandalkan sentuhan pada layar secara berulang dan simultan untuk mengontrol karakter gim.

Rupanya, masalah yang terjadi pada iOS 13 adalah gerakan tekan dan tahan tiga jari di layar diperkenalkan untuk memungkinkan opsi pengeditan teks lebih terperinci. Demikian dikutip The Verge, Selasa (24/9/2019).

Gara-gara pembaruan perangkat ke iOS 13, banyak pemain kedua gim itu protes dengan kehadiran fitur gesture tekan dan tahan tiga jari di iPhone karena tak bisa memainkan PUBG Mobile dan Fortnite dengan benar.

Kedua gim memang mengandalkan sudut pandang orang ketiga dan kerap memakai dua jari di tangan untuk menggerakkan karakter dan mengontrol kamera.

Sementara, jari ketiga melengkung di layar untuk mengarahkan pandangan ke bawah dan melakukan fungsi-fungsi lain di dalam gim. Taktik ini disebut sebagai "claw" atau "claw grip."

Sayangnya, saat pengguna iPhone dengan iOS 13 melakukan gestur yang dibutuhkan dalam gim, itu justru akan membuka bilah pengeditan teks. Nah, hal ini bakal sangat mengganggu bagi pemain gim PUBG Mobile ataupun Fortnite, karena jika meleng sedikit, karakter bisa mati tertembak lawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Pengembang PUBG Mobile dan Fortnite

Pengembang Fortnite, Epic Games, memberikan komentar terkait masalah iOS 13 di Reddit.

"Kami telah mendengarkan adanya masalah sentuhan di layar ini. Apple perlu memperbaiki dengan segera merilis iOS 13.1," tutur Epic Games dalam komentar.

Sementara itu, pengembang PUBG Mobile Tencent menyebut, mengakui telah mengetahui masalah ini. Mereka menyarankan pemain untuk tidak segera memperbarui ke iOS 13.

"Kami sadar akan adanya masalah di iOS 13, di mana menyentuh layar dengan 3 jari bisa membuka fungsi iOS lain dan mengganggu permainan," tutur Tencent.

3 dari 3 halaman

Bakal Dibereskan dengan iOS 13.1

Kemudian, Tencent menyebut telah berkomunikasi dengan Apple. "Kami akan bekerja sama dengan mereka untuk menyelesaikan masalah yang pengguna iOS 13 alami," kata Tencent.

"Kami menyarankan pemain yang memainkan gim dengan tiga jari atau lebih tidak memperbarui ke iOS 13 hingga masalah diatasi," ujar Tencent dalam pemberitahuan.

Sebenarnya, secara teoretis, kemampuan edit teks hanya aktif, ketika pengguna tap di dalam kotak teks. Apple belum memperbaiki bug ini.

Apple pun bakal segera menghadirkan pembaruan iOS 13.1 yang berguna tidak hanya untuk mengatasi masalah layar sentuh, tetapi juga mengatasi bypass layar kunci oleh peretas yang bisa mengekspos daftar kontak.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.