Sukses

Tanya Tekno: Apa Bisa Pasang Dongle dan Perangkat Beda Frekuensi?

Apakah saya bisa pasang dongle untuk mirror screen ke televisi dengan perangkat yang frekuensinya berbeda? Ada efeknya?

Liputan6.com, Jakarta - Saya punya pertanyaan soal dongle untuk mirror screen. Kalau saya beli dongle dengan frekuensi 5GHz, tapi kondisinya saya punya dua perangkat dengan frekuensi masing-masing 5GHz dan 2,4GHz, apakah perangkat dengan frekuensi 2,4GHz juga dapat dihubungkan ke dongle 5Ghz tersebut?

Kemudian saya juga ingin tahu apakah ada konsekuensinya, jika saya memaksakan diri untuk tetap menghubungkan dongle 5GHz ke perangkat 2,4GHz itu? Terima kasih!

Muhammad Jinaan Fakhruddin, Yogyakarta

___

Halo, Jinaan! Terima kasih sudah menghubungi Tanya Tekno.

Secara teknis, kamu tetap bisa menghubungkan dongle 5Ghz dengan perangkat 2,4Ghz. Namun, seperti yang kamu perkirakan, memang ada konsekuensinya.

Ketika dua perangkat beda frekuensi itu terhubung, transfer rate yang terbangun di antara keduanya tidak secepat seperti dua perangkat yang berfrekuensi sama.

Nah, karena ini dongle untuk mirror screen, perbedaannya akan terasa pada rentang delay (jeda) di antara kedua perangkat. Perangkat yang frekuensinya lebih rendah, yakni dalam kasus kamu 2,4GHz, akan mengalami delay.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kirim Pertanyaan

Pertanyaan ini dijawab oleh Zhillan, Technical Strategy di Urgent.id. Adapun Urgent.id adalah startup asal Bandung yang memfokuskan pada layanan pemesanan servis ponsel, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Buat kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini