Sukses

Tanya Tekno: Tablet Dual OS Gagal Factory Reset dan Bootloop

Liputan6.com, Jakarta - Halo, saya pengguna tablet dual OS merek Onda V80 plus. Beberapa hari lalu saya factory reset tablet ini karena penyimpanan penuh.

Reset Android berhasil. Lalu saya coba reset Windows sesuai petunjuk yang ada, tapi stuck di 55 persen. Lalu muncul bluescreen dan informasi masalah reset.

Kemudian muncul layar hitam rebooting dan stuck di logo Onda. Terus rebooting begitu sampai sekarang. Tolong bantu bagaimana solusinya. Terima kasih.

Novres, Sulawesi Selatan.

___

Halo, Novres. Terima kasih sudah menghubungi kami. Menurut analisis kami, tablet Onda V80 ini sudah mengalami kerusakan pada bagian eMMC/UFS, yang oleh orang awam lebih dikenal dengan istilah internal storage.

Masalah reset berjalan Android normal tetapi reset Windows gagal kemungkinan disebabkan oleh partisi yang korup (corrupted partition). Akhirnya hal ini berimbas pada bootloop (rebooting terus menerus dan stuck) yang kemudian mengakibatkan kerusakan tablet secara keseluruhan.

Solusi awal yang bisa dicoba adalah melakukan flashing. Caranya bisa ditemukan di Internet. Kalau eMMC/UFS/internal storage tablet itu masih bagus, biasanya masih bisa menyalan dan berfungsi normal kembali.

Namun kalau eMMC/UFS/internal storage ternyata bermasalah, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan tablet ini karena service center Onda tidak ada di Indonesia dan sangat sulit untuk mencari suku cadang tersebut.

2 dari 2 halaman

Kirim Pertanyaan

Pertanyaan ini dijawab oleh Zhillan, yang merupakan Technical Strategy Urgent.id. Adapun Urgent.id adalah startup asal Bandung yang memfokuskan layanan pemesanan servis ponsel, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Buat kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya.

(Why/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Twitter Tunda Peluncuran Lights Out untuk Android
Artikel Selanjutnya
Video Review Google Pixel 4 XL Muncul di YouTube