Sukses

Cara Menghapus Konten Duplikat di Excel

Liputan6.com, Jakarta - Excel adalah salah satu program Microsoft Office populer.

Selain untuk membuat tabel--yang paling lazim digunakan, sejumlah fungsi lainnya yang tersedia di Excel termasuk kalkulasi berbasis formula, pembuatan grafik, serta bahasa pemrograman makro bernama Visual.

Ketika sedang mengolah data di Excel, tidak jarang pengguna mendapati konten duplikat. Nah, kalau kamu ingin tahu cara menemukan dan menghapus konten duplikat di Excel, simak artikel berikut ini.

Langkah pertama, pilih sel yang ingin kamu cari duplikatnya. Caranya adalah dengan mengklik Home > Conditional Formatting > Highlight Cells Rules > Duplicate Values.

Pada kotak values with, pilih format yang ingin kamu terapkan ke konten duplikat itu, kemudian klik OK.

Sampai langkah ini kamu sudah dapat menemukan konten duplikat dan menandainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghapus Konten Duplikat

Saat kamu mengeksekusi fitur Remove Duplicates, perlu kamu ketahui bahwa konten duplikat di dokumen tersebut akan dihapus secara permanen.

Oleh sebab itu, untuk jaga-jaga, tidak ada salahnya kalau kamu membuat salinan data sebagai cadangan.

Untuk menghapus konten duplikat yang telah ditemukan dan ditandai pada langkah sebelumnya, klik Data > Remove Duplicates. Pada Under Columns, centang kolom di mana terdapat konten duplikat yang ingin kamu hapus.

Selanjutnya klik OK dan selesai!

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.