Sukses

Proses Download Smartphone Samsung Lebih Cepat Ketimbang iPhone dan Huawei

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan analisis mobile independen, Opensignal, merilis laporan tentang pengaruh smartphone terhadap pengalaman jaringan mobile.

Salah satu hasil risetnya menyebutkan, para pengguna smartphone Samsung memiliki pengalaman pengunduhan (download) tercepat dibandingkan Apple (iPhone) dan Huawei.

Para pengguna smartphone Samsung mengalami pengunduhan yang lebih cepat dibandingkan pengguna iPhone dan Huawei di 35 persen dari 40 negara di dalam penelitian ini. Untuk hal yang sama, Apple hanya memiliki porsi 17,5 persen.

Sebagai catatan, Opensignal dalam riset ini hanya menyertakan data dari tiga vendor smartphone terbesar dunia berdasarkan jumlah pengapalan. Ketiganya adalah Samsung, Huawei, dan Apple. Semua data ini dikumpulkan mulai 1 April - 30 Juni 2019.

Samsung unggul di 14 negara termasuk Australia, Chili, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Malaysia, dan Norwegia, Amerika Serikat (AS). Sementara Apple di Brasil, Kosta Rika, Kuwait, Moroko, Arab Saudi, Taiwan, dan Uni Emirat Arab.

Di AS, pengguna smartphone Samsung memiliki pengalaman unduhan 8,2 Mbps lebih cepat daripada pengguna iPhone.

"Negara dengan keuntungan besar bagi para pengguna Samsung adalah Norwegia dengan 12 Mbps lebih cepat daripada pengguna Huawei, dan 14 Mbps lebih cepat daripada para pengguna iPhone," tulis VP Analysis Opensignal, Ian Fogg, dalam laporannya.

 

2 dari 3 halaman

Segmen Smartphone

Opensignal juga membandingkan para pengguna dari tiga vendor smartphone terbesar tersebut, ke dalam tiga kelompok berdasarkan kemampuan jaringan perangkat mereka. Berikut hasilnya:

1. High-tier smartphone (LTE Cat 16 ke atas)

Para pengguna Samsung memiliki pengalaman unduhan tercepat. Mereka menikmati 26.6 Mbps secara global, sedangkan para pengguna Apple 25,1 Mbps dan Huawei 24,2 Mbps.

Smartphone-smartphone tersebut termasuk Galaxy S8, S9, S10, Note 8, Note 9, Huawei P20 Pro, P30 Pro, Mate 10, 20, dan iPhone Xs.

2. Mid-tier smartphone (LTE Cat 5 - 15)

Para pengguna iPhone sedikit lebih cepat daripada Huawei. Para pengguna iPhone memiliki pengalaman kecepatan unduhan 16,5 Mbps, dibandingkan dengan 16.3 Mbps pada Huawei dan 14.4 Mbps Samsung.

iPhone dalam kategori ini sendiri memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan model high-end Samsung. Sejumlah smartphone yang ada di kategori ini antara lain, iPhone XR, X, 8,7,6s, Huawei P30 Lite, dan Samsung A80.

 

3 dari 3 halaman

3. Low-tier smartphone (LTE Cat 4 ke bawah)

Huawei unggul dalam segmen ini dengan pengalaman kecepatan unduhan 12,1 Mbps. Sementara Samsung 9,7 Mbps dan Apple 8,9 Mbps. Beberapa smartphone dalam kategori ini antara lain Samsung A2 Core, J4, Huawei Nova 2, iPhone SE, dan iPhone 6.

"Tantangan Apple adalah sedikit dari smartphone miliknya saat ini adalah high tier, ketika kami mengelompokkan iPhone berdasarkan kemampuan pengalaman jaringan mobile mereka. Dalam pengukuran kami, hanya 14 persen iPhone yang termasuk high-tier," ungkap Fogg.

(Din/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Muncul di Tenaa, Huawei Mate X Akan Segera Meluncur?
Artikel Selanjutnya
Celah di Bluetooth Bisa Dimanfaatkan Hacker untuk Bobol Smartphone