Sukses

Tips Ubah Smartphone Jadi Mouse Komputer

Mouse komputer kamu rusak? Tak perlu khawatir, begini cara mengubah smartphone jadi mouse.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah mengalami mouse komputer rusak? Jika kamu pernah atau sedang mengalaminya, tidak perlu khawatir, karena kamu dapat mengatasinya dengan smartphone yang kamu punya.

Perlu diingat bahwa untuk memulainya, dibutuhkan aplikasi pihak ketiga, yaitu aplikasi Remote Mouse. Aplikasi ini dapat mengubah perangkat Android, iOS atau Windows Phone milikmu menjadi mouse nirkabel untuk digunakan pada komputer Mac atau Windows.

Bagaimana cara melakukannya? Mengutip laman Gadgethacks, Rabu (24/7/2019), berikut ulasan lengkapnya.

Langkah pertama adalah unduh aplikasi Remote Mouse pada laptop kamu. Windows atau Mac yang mendukung aplikasi ini adalah Windows (Vista +) dan Mac OS X (10.5+). 

Adapun smartphone yang kompatibel dengan aplikasi itu yaitu Android (3.0+), iOS (7.0+), Windows Phone (8.0+).

Untuk memakai Remote Mouse sebagai krusor, pastikan dahulu bahwa aplikasi sudah diaktifkan di komputer dan smartphone.

Setelah itu, butuh beberapa detik untuk menyambungkan keduanya. Ketika sudah tersambung, kamu dapat menggunakannya sebagai krusor di laptop.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerakkan Jari di Layar Smartphone

Caranya cukup mudah, gerakkan jari di layar smartphone untuk menggerakkan krusor. Ketuk dengan satu jari untuk kilk kiri, dan ketuk dengan dua jari untuk kilk kanan. Jika ingin memperbesar, cubit layar pada smartphone.

Pastikan tidak ada orang yang terkoneksi dengan komputer kamu. Karena jika ada yang terkoneksi, dan ia mempunyai aplikasi Remote Mouse, maka ia bisa ikut mengakses komputer.

Tidak hanya berfungsi sebagai kursor, aplikasi ini pun dapat mematikan, memutar ulang, serta mengontrol musik pada perangkat komputer.

Ketuk ikon play untuk mengontrol musik di iTunes, Keynote, Hulu, Front Row di Mac dan iTunes, PowerPoint, Windows Media Player, dan Windows Photo Viewer di Windows.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Sebagai Pengganti Keyboard

Namun sayangnya, fitur ini berbayar seharga USD 1.99 atau Rp 28 ribu jika ingin menggunakannya.

Dalam aplikasi ini pun, kamu dapat membuka berbagai aplikasi yang ada di komputer dan menggunakannya sebagai pengganti keyboard.

Di sini, kamu dapat mengetik pada bidang teks di komputer menggunakan keyboard di smartphone. Menggunakan tombol "Return" mempunyai fungsi yang sama dengan menekan "Enter" di komputer.

Kamu juga dapat melakukan beberapa pengaturan dengan mengetuk ikon menu four-dash, di mana memungkinkan untuk mengontrol kecepatan, volume, zoom, efek suara, ubah latar belakang trackpad dan lainnya.

(Linda Fahira Putri/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.