Sukses

Cara Mudah Menghindari Jadi Korban Phishing

Phishing masih menjadi metode penipuan yang kerap dilakukan hacker. Simak cara untuk mencegahnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu metode serangan siber yang terjadi sejak lama adalah phishing. Metode ini memanfaatkan pelaku yang berpura-pura menjadi orang lain dan berusaha mengelabui korban untuk mendapatkan informasi pribadinya.

phishing kerap masih menjadi ancaman nyata mengingat kerap memanfaatkan teknik yang semakin canggih. Terlebih, penipuan dan berita bohong kini berkembang semakin nyata.

Sejumlah bentuk phishing yang biasa digunakan adalah pesan teks, email, profil media sosial, unggahan, termasuk situs web palsu.

Biasanya, pelaku akan mengirimkan pesan yang seolah-olah berasal dari perusahaan ternama atau seseorang yang dikenal.

Untuk itu, Facebook berbagi tips agar seseorang terhindar dari aksi phishing. Seperti apa tipsnya? Berikut ini cara mencegah menjadi korban phishing seperti dibagikan Facebook dalam keterangan resmi, Senin (8/7/2019).

1. Simpan Informasi Pribadi

Jangan pernah memberikan detail login kamu. Facebook tidak pernah meminta kata sandi pengguna dalam bentuk email termasuk mengirimkan kata sandi.

2. Jangan Menerima Permintaan Pertemanan dari Orang Asing

Seperti di dunia nyata, penipu biasanya berusah untuk menyamar sebagai temanmu. Karenanya, hindari permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal, sehingga dapat mencegah penipu menyebarkan spam di linimasa-mu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amankan Akun

3. Amankan Akun seperti Barang Berharga Lainnya

Ganti password kamu secara berkala. Hal ini dilakukan agar akunmu tidak dicuri penipu, terutama yang ingin memanfaatkannya untuk menghubungi kerabat dan temanmu.

4. Tinjau Aktivitas Akun dan Hapus Spam

Kamu dapat memeriksa riwayat login untuk mengetahui apakah ada aktivitas yang mencurigakan. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memeriksa aplikasi terpasang yang memiliki akses ke datamu.

3 dari 3 halaman

5. Cek Fitur Keamanan dari Facebook

Apabila kamu tidak yakin terhadap penawaran atau update meragukan, cek ulang keamanannya. Fitur keamanan Facebook menyediakan pengamanan ekstra untuk pengguna.

6. Ambil Tindakan dan Laporkan ke Facebook

Saat menerima email mencurigakan yang mengatasnamakan Facebook, kamu dapat melaporkannya ke phish@fb.com. Apabila ingin melaporkan percakapan, kamu perlu mengambil screenshot terlebih dulu lalu mengirimkannya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.