Sukses

Minggu Ini, Oppo Bakal Rilis Smartphone dengan Kamera Selfie di Layar

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu di ajang Mobile World Congress Shanghai 2019, Oppo mengumumkan teknologi kamera terbarunya, yakni kamera di layar.

Menurut rencana, perangkat ini akan diperkenalkan pada 29 Juni 2019. Namun demikian, baru-baru ini Oppo mengkonfirmasi bahwa smartphone dengan teknologi kamera selfie di bawah layar akan diumumkan pada 26 Juni 2019.

Mengutip laman Gizmochina, Selasa (25/6/2019), vendor smartphone Tiongkok ini juga membagikan teaser video. Isinya, menunjukkan evolusi kamera belakang smartphone Oppo dari masa ke masa.

Teknologi tersebut mulai dari kamera selfie berteknologi rotasi pada Oppo seri N, notch yang menyerupai tetesan air, kamera pop-up pada Oppo Find X, hingga kamera pop-up miring pada Oppo Reno.

Hal ini jelas mengisyaratkan evolusi berikutnya untuk kamera selfie Oppo. Setelah berbagai teknologi di atas, kemungkinan besar adalah sensor kamera di layar.

Perusahaan memperlihatkan, kamera depan smartphone Oppo tidak mengandalkan struktur mekanis apapun sehingga memiliki desain layar penuh.

Dengan begitu, perangkat ini akan menjadi smartphone pertama di dunia yang menghadirkan kamera di layar.

Dalam video pendek yang dibagikan Oppo melalui Weibo, ditampilkan sebuah smartphone yang memiliki kamera depan di layar. Oleh karenanya, tidak ada notch, waterdrop notch, lubang di layar, teknologi pop up, atau mekanisme geser di smartphone tersebut.

2 dari 3 halaman

Lompatan Cepat

Senior Product Manager Oppo Brian Shen sebelumnya mengatakan, teknologi kamera di bawah layar masih baru di dunia smartphone.

"Pada tahap ini, masih sulit untuk menghadirkan teknologi kamera di bawah layar pada smartphone dengan hasil yang sama seperti di kamera biasanya. (Jika mengadopsi teknologi kamera di layar), pasti ada beberapa kerugian dalam kualitas optiknya," tutur Shen.

Untuk itulah, beberapa waktu lalu Shen mengatakan, belum akan ada teknologi kamera di layar dalam waktu dekat ini.

Namun dengan adanya informasi terbaru ini, terbukti bahwa Oppo sudah akan memamerkan perangkatnya yang dibekali dengan kamera di layar.

3 dari 3 halaman

Bukan Satu-Satunya

Sekadar informasi, kini Oppo bukan perusahaan smartphone satu-satunya yang mengembangkan teknologi ini.

Perusahaan smartphone lainnya seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Samsung juga tengah mengembangkan hal ini.

Faktanya, hanya beberapa jam setelah Oppo membagikan video teknologi ini, perusahaan asal Tiongkok Xiaomi pun mengumumkan teknologi serupa.

Sebuah video menunjukkan Mi 9 yang dimodifikasi dengan kamera di layar.

(Tin/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Oppo Pamer Smartphone dengan Kamera di Balik Layar 26 Juni
Artikel Selanjutnya
Perbandingan Oppo Reno Standar vs Oppo Reno 10x Zoom