Sukses

Xiaomi Ungkap Lini Smartphone Anyar Baru Bernama CC9

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akhirnya akan memperkenalkan lini smartphone terbarunya ke publik. Adalah CEO Xiaomi Lei Jun yang langsung mengumumkannya dalam event di Tiongkok.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (23/6/2019), lini smartphone anyar ini akan memiliki nama CC9 dan CC9e. Namun, Xiaomi tidak mengungkap bentuk dari perangkat ini.

Meski belum ada informasi mengenai desain yang diusung, kedua smartphone ini disebut menggunakan mekanisme kamera motorik. Desain kamera yang digunakan ini mirip dengan Asus Zenfone 6.

Kendati tidak memberikan tampilan desain smartphone ini, Lei Jun malah mengungkapkan arti dari seri CC ini. Menurut pendiri Xiaomi tersebut, CC berarti Colorful dan Creative.

Lei Jun juga menuturkan desain smartphone ini dikembangkan oleh tim Chic&Cool yang terdiri dari mahasiswa seni. Adapun angka 9 di CC9 merujuk pada usia perusahaan yang tahun ini berusia sembilan tahun.

CC sendiri menjadi lini smartphone baru dari Xiaomi, selain Mi, Redmi, Pocophone, hingga Black Shark. Lei Jun menuturkan lini smartphone ini menyasar konsumen muda yang ingin tampil beda. 

Perangkat ini juga memiliki konsep baru yang diberi nama Xiaomi X Meitu AI Aesthetics Lab. Konsep ingin disebut menggabungkan teknologi kecantikan dan hardware kamera mumpuni.

2 dari 3 halaman

Xiaomi Pamer Teknologi Kamera Selfie di Bawah Layar

Terlepas dari pengumuman ini, Xiaomi sebelumnya juga sempat mengungkap teknologi baru, yakni teknologi kamera selfie di bawah layar. 

Xiaomi memamerkan teknologi ini, tak lama setelah Oppo menunjukkan teknologi kamera selfie di bawah layar yang diklaim mereka pertama di dunia.

Sayangnya Xiaomi tak menyebutkan detail cara teknologi ini bekerja. Namun, cuitan tersebut memperlihatkan sebenarnya bukan Oppo saja yang mengembangkan teknologi kamera selfie di bawah layar.

Prototipe smartphone Xiaomi dengan kamera di bawah layar ini tampaknya memang bisa berfungsi, tapi tak jelas kapan Xiaomi bakal merilis teknologi tersebut dalam bentuk smartphone komersil.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya Oppo Pamer Kamera di Layar

Sebelumnya Oppo digadang-gadang akan menjadi produsen smartphone pertama di dunia yang menghadirkan kamera selfie di bawah layar.

Hal ini terungkap lewat video singkat unggahan VP Oppo, Brian Shen di akun Weibo-nya. Sayang, postingan itu tidak menyertakan informasi yang lebih detail.

Melanjutkan video yang dia posting, Brian Shen mengatakan, teknologi kamera di bawah layar masih terlalu dini,

"Pada tahap ini, sulit bagi kamera di bawah layar untuk menandingi hasil yang sama dengan kamera selfie biasa," sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Senin (3/6/2019).

Ia melanjutkan, "kualitas optik smartphone pasti akan mengalami penurunan. Tapi, tidak ada teknologi baru yang muncul sempurna pada saat diluncurkan."

Oppo sendiri masih belum memberikan informasi tentang kapan teknologi kamera di bawah layar ini akan mulai diproduksi secara masal.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Pindahkan 20 Ribu Karyawan ke Kantor Pusat Baru di Beijing
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Bakal Setop Dukungan Program MIUI Global Beta