Sukses

Tips Atasi Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

Beberapa langkah ini mungkin bisa kamu coba sebelum mengeluarkan biaya buat service smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone yang kadang tidak bisa dicas memang menyebalkan. Aktivitas komunikasi jadi terganggu.

Daripada buru-buru bawa ke tempat service, coba perbaiki dulu sendiri. Beberapa langkah ini mungkin bisa kamu coba sebelum mengeluarkan biaya buat service smartphone.

1. Pastikan stop kontak dan port USB tempat kamu mengisi baterai berfungsi normal. Kadang, smartphone-mu tidak bisa di-charge karena memang dua hal itu sudah rusak dari awalnya.

2. Cek adapter dan kabel charging. Kalau tidak berfungsi di smartphone-mu, pakai smartphone lain. Pastikan juga kabel terpasang dengan baik dan tidak kendur.

3. Cek keaslian adapter dan kabelmu. Biasanya, charger adapter palsu justru malah tidak mampu mengisi daya smartphone.

Contohnya, kabel iPhone membutuhkan microchip khusus yang berlisensi, jadi kalau palsu atau tidak ada lisensi, bisa jadi itu yang menyebabkan smartphone tidak bisa dicas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersihkan Port Charging

4. Bersihkan port charging dari kotoran yang menyumbat dengan meniupnya atau menggunakan alat seperti tusuk gigi. Tapi hati-hati, jangan sampe merusak port charging.

5. Restart smartphonemu.

6. Periksa perangkat lunak di smartphone dan pastikan terupdate hingga ke versi terbaru. Tapi kalau updatenya malah bikin smartphone tidak bisa dicharge, hapus versi baru tersebut.

3 dari 3 halaman

Cek Baterai

7. Cek baterai. Kadang, baterai yang umurnya sudah tua punya daya yang lemah dan tidak bisa lagi menerima pengisian daya. Coba download aplikasi Ampere atau AccuBattery untuk melihat status kesehatan bateraimu.

8. Ingat-ingat, apakah pernah terjadi sesuatu pada smartphone sebelum tidak bisa dicas, misalnya terkena air atau jatuh? Meski ada smartphone yang diklaim tahan air, tetap saja ada peluang air bisa merusak mesin di dalam.

Kalau cara-cara di atas belum berhasil, mau tidak mau kamu harus memperbaikinya ke teknisi sebelum terlambat. Pastikan juga membawanya ke toko service resmi, ya.

Selamat mencoba!

(Tik/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini