Sukses

Xiaomi Pamer Teknologi Kamera Selfie di Bawah Layar

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone mencari sejumlah cara untuk membuat layar yang bebas dari notch, dengan begitu smartphone bisa memiliki bezel yang sangat minim.

Setelah menghadirkan lubang di layar hingga kamera pop-up, kini vendor smartphone mencoba menemukan inovasi lain, salah satunya adalah mengembangkan kamera selfie di bawah layar.

Sebelumnya Samsung dikabarkan tengah mengembangkan teknologi ini. Kini giliran Xiaomi yang mulai unjuk gigi terkait dengan inovasi barunya.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Jumat (7/6/2019), teknologi kamera selfie di bawah layar ini dipamerkan Xiaomi lewat unggahan di Twitter.

Xiaomi memamerkan teknologi ini, tak lama setelah Oppo menunjukkan teknologi kamera selfie di bawah layar yang diklaim mereka pertama di dunia.

Sayangnya Xiaomi tak menyebutkan detail tentang bagaimana teknologi ini bekerja. Namun, cuitan tersebut memperlihatkan sebenarnya bukan Oppo saja yang mengembangkan teknologi kamera selfie di bawah layar.

Prototipe smartphone Xiaomi dengan kamera di bawah layar ini tampaknya memang bisa berfungsi, namun tak jelas kapan Xiaomi bakal merilis teknologi tersebut dalam bentuk smartphone komersil.

2 dari 3 halaman

Sebelumnya Oppo Pamer Kamera di Layar

Sebelumnya Oppo digadang-gadang akan menjadi produsen smartphone pertama di dunia yang menghadirkan kamera selfie di bawah layar.

Hal ini terungkap lewat video singkat unggahan VP Oppo, Brian Shen di akun Weibo-nya. Sayang, postingan itu tidak menyertakan informasi yang lebih detail.

Melanjutkan video yang dia posting, Brian Shen mengatakan, teknologi kamera di bawah layar masih terlalu dini,

"Pada tahap ini, sulit bagi kamera di bawah layar untuk menandingi hasil yang sama dengan kamera selfie biasa," sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Senin (3/6/2019).

Ia melanjutkan, "kualitas optik smartphone pasti akan mengalami penurunan. Tapi, tidak ada teknologi baru yang muncul sempurna pada saat diluncurkan."

Oppo sendiri masih belum memberikan informasi tentang kapan teknologi kamera di bawah layar ini akan mulai diproduksi secara masal.

 

3 dari 3 halaman

Samsung Kembangkan Teknologi Serupa

Sebelumnya, media Korea Selatan mengabarkan Samsung tengah mengembangkan teknologi layar penuh yang sempurna.

Mengutip laman Gizmochina, Senin (6/5/2019), VP Grup R&D Samsung Dispay Yang Byung-duk mengungkapkan tentang kemungkinan adanya layar penuh smartphone yang sempurna.

Teknologi layar ini bertujuan untuk membuat sebuah layar penuh yang sempurna tanpa ada lubang ataupun notch di layar.

Menurut informasi, semua sensor akan tertanam di layar, tanpa menghalangi pengalaman melihat layar atau menyaksikan konten.

Bisa dibilang, jika semua sensor ditempatkan pada layar, sensor kamera pun juga bakal ada di layar. Hal inipun bakal membantu Samsung untuk mencapai tampilan layar 100 persen.

Kabarnya ini bukan pertama kalinya Sasung bicara tentang teknologi layar terbarunya. Dalam sejumlah acara, Samsung pernah mengungkapkan teknologi terbaru mereka.

Sayangnya tidak semua hal diungkap mengenai teknologi layar ini.

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Bos Redmi Umbar Rencana Xiaomi Dominasi Pasar Smartphone
Artikel Selanjutnya
Oppo Ungkap Smartphone dengan Kamera Selfie di Bawah Layar