Sukses

6 Aktivitas Favorit Pengguna Internet Selama Ramadan, Mana yang Kamu Banget?

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, aktivitas pengguna internet mengalami perubahan yang signifikan. Jika siang hari biasanya suka berselancar kuliner dan chit-chat beragam tema, saat ramadan kebiasaan itu berkurang untuk menghindari gibah atau 'ngomongin' orang lain. Pada malam hari biasanya masih pada kumpul main dan hangout, saat ramadan berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan terawih. Termasuk aktivitas yang berhubungan dengan buka puasa, sahur dan ngabuburit.

Karena ramadan adalah bulan penuh berkah dan segala amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya, banyak umat muslim yang berlomba-lomba melakukan kebaikan dan menghindari kemungkaran. Berkaitan dengan hal tersebut, setidaknya ada 6 aktivitas favorit pengguna internet di Indonesia saat mereka berselancar bebas di internet melalui smartphone-nya.

1. Mencari informasi tentang religi

Masyarakat muslim di Indonesia cenderung menghabiskan banyak waktunya di internet mencari informasi dan konten-konten yang berhubungan agama. Konten religi yang dicari beragam mulai dari hadis dan hukum islam, kultum, musik religi, hingga kisah-kisah inspiratif spiritual dari para ustaz, publik figur dan artis.

2. Menonton video bertema religi

Selain mencari konten-konten dan bacaan bertema religi, pengguna internet juga banyak yang menonton video-video religi seperti ceramah-ceramah ustaz kondang dan video-video inspiratif religi. Pengguna internet pun cenderung menghindari tontonan yang berbau kekerasan dan zina mata.

3. Chat group bukber dan berburu kuliner bukber

Karena ada aktivitas buka puasa dan sahur, maka pembahasan chatting dan sosial media juga tak lepas dari obrolan bukber dimana? bukber apa? dan lain sebagainya. Mereka pun juga sibuk membahas menu-menu buka puasa yang diinginkan.

4. Game online

Aktivitas ini masih menjadi favorit para pengguna internet, sejenak untuk melupakan rasa lapar dan dahaga, sekaligus mengisi waktu ngabuburit hingga menanti momen buka puasa tiba.

5. Belanja gamis dan kebutuhan lebaran

Selama ramadan, aktivitas belanja baik online pun mengalami perubahan yang signifikan. Netizen banyak mencari baju-baju gamis, makanan-minuman untuk lebaran dan hadiah-hadiah lebaran untuk keluarga.

6. Silaturahmi online

Aktivitas pengguna internet paling favorit selama ramadan adalah silaturahmi online melalui media sosial maupun chatting. Mereka saling mengucapkan selamat buka puasa, sahur, selama lebaran dan Idul Fitri. Tak hanya melalui kata-kata, namun juga mengirim gambar dan video, bahkan melakukan video call secara langsung dengan kerabat, keluarga dan sahabat yang berbeda kota hingga negara sekalipun.

 

Agar menyambung tali silaturahmi secara online dan melakukan aktivitas internet selama ramadan dan lebaran lebih lancar dan cepat, pastikan kamu menggunakan #JaringanDataTerkuat dari 4G LTE dari XL Axiata.  Menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriyah, XL Axiata memastikan kesiapan jaringan 4G LTE telah menjangkau sekitar 440 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia atau lebih dari 95 persen populasi. Lebih dari  45 ribu km panjang jaringan backbone fiber optik tersambung untuk memastikan koneksi internet lebih baik dan lancar.

Kesiapan jaringan ini memperkuat kampanye XL Axiata sebagai #JaringanDataTerkuat yang disampaikan melalui dua kampanye digital yang baru pertama dilakukan di Indonesia bekerjasama dengan para selebgram.

Simak kisah silaturahmi tanpa batas saat ramadan di channel Youtube XL Axiata Tbk, Instagram dan Facebook XL Axiata Tbk. Informasi lainnya, kamu bisa kunjungi https://www.xlaxiata.co.id/id

 

 

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Berat Badan Naik Selama Libur Lebaran, Pemain Persija Siap-siap Kena Denda
Artikel Selanjutnya
Bek Arema Nikmati Momen Ramadan dan Idulfitri dengan Status Baru