Sukses

Top 3 Tekno: Menkominfo Imbau Agar Tidak Pakai VPN untuk Akses WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat membatasi akses terhadap sejumlah media sosial, pemerintah melalui Menkominfo mengimbau agar pengguna tidak memakai VPN untuk mengakses, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain.

Disebutkan, pemakaian VPN gratis bisa terdampak terbukanya data-data pribadi pengguna.

Imbauan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com pada Kamis (23/5/2019).

Dua artikel lain yang tak kalah hits, termasuk bahaya yang mengancam pengguna bila pakai VPN buat akses WhatsApp, dan pernyataan Menkominfo tentang kapan pembatasan akses media sosial dicabut.

Lebih lengkapnya, kamu bisa simak ketiga artikel tersebut berikut ini.

1. Menkominfo: Jangan Pakai VPN Buat Akses WhatsApp

Menkominfo Rudiantara di Seminar Konsolidasi untuk Sehatkan Industri Telekomunikasi. Dok: Indonesia Technology Forum

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyarankan agar pengguna media sosial (medsos) tidak mengakses aplikasi pesan WhatsApp dan media sosial melalui VPN (virtual private network).

Hal ini diinformasikan Rudiantara setelah banyaknya pengguna internet Indonesia yang mengakali akses medsos dan WhatsApp menggunakan VPN, pasca dibatasinya akses terhadap medsos di Indonesia per Rabu 22 Mei 2019.

"Kami sudah memperhitungkan salah satunya melalui VPN, selalu dikatakan bisa bypass lewat VPN, namun hindari VPN karena (kalau kita menggunakan) VPN gratis bisa terdampak terbukanya data-data pribadi," tutur Rudiantara dalam wawancara dengan Kompas TV, Kamis (23/5/2019).

Selengkapnya baca di sini

 

2 dari 3 halaman

2. Ini Bahaya Pakai VPN Buat Akses WhatsApp

Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/Christian Wiediger)

Pemerintah membatasi akses terhadap sejumlah media sosial antara lain Instagram, Facebook, hingga aplikasi pesan WhatsApp.

Walaupun masih bisa diakses, namun sifatnya terbatas. Misalnya aplikasi WhatsApp hanya bisa dipakai untuk kirim pesan teks, tak bisa untuk mengirim atau mengunduh gambar. Pun demikian dengan Instagram yang mengalami gangguan akses.

Sebagian orang pun menggunakan aplikasi VPN (virtual private network) gratis untuk dapat mengakses aplikasi-aplikasi di atas secara normal.

Selengkapnya baca di sini

3. Kapan Akses WhatsApp, Instagram, dan Facebook Kembali Normal? Ini Kata Menkominfo

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Seperti diketahui, pemerintah membatasi sejumlah fitur aplikasi pesan instan WhatsApp dan media sosial seperti Instagram dan Facebook, sejak Rabu (22/5/2019) kemarin.

Langkah ini dilakukan untuk menghindari provokasi dan penyebaran berita bohong (hoaks) di tengah aksi 22 Mei, agar tak mengundang kericuhan.

Lalu, kapan pemerintah akan mencabut pembatasan akses dan fitur pada WhatsApp Cs?

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 Tekno: Pembatasan WhatsApp Cs Sedot Perhatian
Artikel Selanjutnya
Top 3 Tekno: Cara Pantau 6.000 Kamera CCTV di Jakarta Terpopuler