Sukses

5 Bahaya Tersembunyi Pakai Aplikasi VPN Gratis di Smartphone

Liputan6.com, Jakarta Keputusan pemerintah membatasi pengiriman foto dan video melalui aplikasi chatting, seperti WhatsApp dan aplikasi media sosial membuat sejumlah pengguna smartphone mengakalinya dengan memasang VPN (Virtual Private Network) gratis.

Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa penggunaan aplikasi VPN gratis ternyata menyimpan bahaya. Beberapa di antaranya adalah aktivitas data yang dipantau hingga ancaman terhadap keamanan perangkat.

Oleh sebab itu, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bahaya penggunaan aplikasi VPN gratis, Tekno Liputan6.com memberikan informasinya, seperti dikutip dari laman VPN Mentor, Kamis (23/5/2019).

1. Mengancaman Keamanan Perangkat

Salah satu fungsi utama VPN adalah melindungi akses internet pengguna dari hacker. Namun dari studi terbaru, beberapa aplikasi VPN gratis malah terinfeksi oleh malware.

Kebanyakan malware itu ternyata berhubungan dengan iklan yang tampil di aplikasi VPN.

Seperti diketahui, VPN gratis biasanya menghadirkan iklan untuk mendapatkan pemasukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Memantau Aktivitas Online Pengguna

Bahaya lain yang cukup sering ditemui di aplikasi VPN adalah pemantauan aktivitas online perangkat yang memasangnya. Hal ini berdasarkan studi yang menyebut 72 persen aplikasi VPN disematkan pelacak pihak ketiga.

Pelacak tersebut biasanya disusupkan untuk mengumpulkan data aktivitas online pengguna yang memakainya. Biasanya, data tersebut digunakan pengiklan untuk memperlihatkan iklan tertarget.

3. Membatasi Kuota Internet

Salah satu kekurangan lain dari aplikasi VPN gratis adalah mereka membatasi jumlah kuota saat terhubung dengan internet. Jadi, penguna hanya dapat mengakses internet melalui VPN dengan kuota tertentu, semisal 2GB.

Untuk itu, pengguna yang ingin mengakses internet melalui VPN dengan lebih leluasa harus merogoh kocek terlebih dulu. Adapun harga yang ditawarkan juga beragam, tergantung penyedia layanan.

3 dari 3 halaman

4. Memperlambat Jaringan Internet

Memakai aplikasi VPN gratis juga dapat mengakibatkan kecepatan internet menurun. Hal ini lumrah karena penyedia VPN memang mengatur kecepatan internet penggunanya yang gratis.

Dengan cara ini, pengguna mau tidak mau harus membayar untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik.

5. Membanjiri Pengguna dengan Iklan

Mengingat aplikasi VPN ini gratis, pengguna tentu akan dibanjiri dengan iklan. Hal ini memang kerap mengganggu pengguna dan tidak jarang membuat bingung.

Kehadiran iklan tidak sekadar mengganggu, tapi mereka juga dapat mempercepat kecepatan internet atau memancing pengguna masuk ke situs berbahaya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.