Sukses

Begini Cara Mentransfer Koleksi Musik iTunes Kamu ke Perangkat Android

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kelebihan menggunakan perangkat iOS adalah kemampuan untuk menyinkronkan koleksi musik di iTunes ke iPhone dengan mudah dan sederhana.

Namun bagaimana bila kamu beralih menggunakan Android dari iPhone, dan ingin mentransfer koleksi musik yang tersimpan di iTunes kamu?

Jangan khawatir, karena ternyata ada beberapa cara yang dapat kau lakukan, sebagimana dilansir Ubergizmo, Minggu (12/5/2019).

1. Transfer Musik dari iTunes ke Android Secara Manual

Ini merupakan metode paling sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan. Dengan cara ini, kamu secara manual menyalin file musik dari iTunes dan memindahkannya ke smartphone Android.

Cari folder di mana kamu menyimpan lagu-lagu iTunes dengan membuka software iTunes, klik Edit > Preferences > Advanced.

Lalu buka iTunes Media > pilih Music, didalam folder ini lagu-lagu tersebut akan digolongkan berdasarkan nama penyanyinya. Pilih lagu yang ingin kamu pindahkan ke perangkat Android.

Sambungkan perangkat Android ke komputer dan buka dengan File Explorer. Arahkan ke folder Musik dan salin lagu ke dalam folder tersebut.

Setelah selesai, kamu bisa langsung mendengarkannya langsung di perangkat Android.

 

2 dari 2 halaman

2. Via Google Play Music

Ilustrasi iPhone (Sumber: Apple)

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan Google Play Music. Yup, layanan milik Google ini dapat digunakan untuk memindahkan lagu kamu dari iTunes ke Android.

Tak hanya itu, Google Play Music memberikan kapasitas hingga penyimpanan sebanyak 50.000 lagu. Karena tersimpan di cloud, ini berarti kamu dapat mengakses koleksi lagu-lagu tersebut di berbagai perangkat Android.

Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah mengunduh dan instal aplikasi Google Play Music Manager.

Setelah itu, aplikasi ini akan secara otomatis mencari lagu-lagu yang ada di iTunes kamu.

Ikuti instruksi yang muncul, lalu kamu akan dibawa melewati beberapa tahap untuk mengunggah lagu dari iTunes ke Google Play Music.

Setelah selesai, buka aplikasi Google Play Music di perangkat Android kamu dan voila, lagu-lagu koleksi yang sebelumnya ada di iTunes bisa langsung kamu perdengarkan.

(Shintya Alfian/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Pengguna Android Bakal Bisa Beli Aplikasi di Play Store Secara Tunai
Artikel Selanjutnya
Android 10 Q Beta 3 Tersedia untuk 21 Varian Smartphone, Apa Saja?